Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Kehakiman Jepang Sebut Carlos Ghosn Ngawur, Hanya Mencari Sensasi

Menteri Kehakiman Jepang Masako Mori menyebut bahwa kesaksian Carlos Ghosn ngawur dan hanya mencari sensasi saja.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menteri Kehakiman Jepang Sebut Carlos Ghosn Ngawur, Hanya Mencari Sensasi
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Menteri Kehakiman Jepang, Masako Mori 

Laporan Koresponden ‪Tribunnews.com‬, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Carlos Ghosn yang memberikan menggelar jumpa pers Rabu (8/1/2020) lalu disemprot Menteri Kehakiman Jepang Masako Mori sehari setelahnya, Kamis (9/1/2020) bahwa kesaksiannya ngawur dan hanya mencari sensasi saja.

"Pemerintah Lebanon pun Kamis (9/1/2020) mengeluarkan perintah larangan ke luar dari Lebanon," ungkap sumber Tribunnews.com baru-baru ini.

"Banyak dari kesaksian Ghosn yang ngawur, abstrak, tidak jelas, atau tidak berdasar, tetapi secara luas disampaikan ke dunia, menyebabkan kesalahan persepsi di berbagai negara," kata Masako Mori, Kamis (9/1/2020).

Carole Nahas.
Carole Nahas. (Istimewa)

Untuk mendapatkan pemahaman yang benar, Mori menunjukkan di awal beberapa poin, secara umum, selain apa yang telah disebutkan beberapa jam sebelumnya.

Investigasi dan kegiatan persidangan dalam kasus-kasus spesifik adalah hal-hal yang harus dilakukan di bawah tanggung jawab dan wewenang otoritas jaksa.

"Meskipun sistem peradilan Jepang dikritik sebagai "hostage justice" seperti yang saya katakan kemarin, sistem peradilan pidana Jepang mengklarifikasi kebenaran kasus tersebut sambil menjamin hak asasi manusia dasar individu. Untuk alasan ini, telah dioperasikan dengan baik dengan prosedur yang tepat, dan tidak ada kritikan yang telah dilalui selama ini," ujarnya.

Baca: Pengacara Hasan Bazzi: Perlakuan Khusus Lebanon kepada Ghosn adalah Hal yang Aneh

Baca: Carlos Ghosn Tegaskan PM Jepang Shinzo Abe Tidak Terlibat dalam Kasusnya

Masako Mori juga menekankan, meskipun tingkat kesalahannya adalah 99 persen menurut penilaian Ghosn, karena tidak dapat memperoleh penilaian yang adil, para jaksa penuntut di Jepang telah berhati-hati untuk menghindari orang yang tidak bersalah dari menderita kerugian karena litigasi.

BERITA TERKAIT

"Merupakan praktik umum untuk menuntut pertama kalinya ketika ada kemungkinan besar hukuman berdasarkan bukti. Hakim juga menilai dari sudut pandang netral dan tidak memihak. Tidak ada kritik bahwa itu tidak bisa mendapatkan penilaian yang adil berdasarkan tingkat kesalahan yang tinggi," kata dia.

Meskipun kritik telah dibuat pada seluruh interogasi, seperti interogasi yang berkepanjangan dan tidak adanya pengacara, di tempat pertama di Jepang, tersangka disarankan dengan memiliki hak untuk diam atau memiliki pengacara tanpa saksi. Telah diberikan hak untuk itu.

Carlos Ghosn (65) saat berjalan memasuki pengadilan negeri di Tokyo.
Carlos Ghosn (65) saat berjalan memasuki pengadilan negeri di Tokyo. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Selain itu, dengan mempertimbangkan hak asasi manusia para tersangka, seperti mengambil istirahat seperlunya, mereka melakukan interogasi yang sesuai, termasuk merekamnya."

Telah dikritik bahwa adanya masalah penuntutan yang bertele-tele berkepanjangan di persidangan dan membutuhkan lebih dari lima tahun untuk putusan.

Meskipun demikian sejak awal jaksa penuntut telah melakukan berbagai upaya untuk mempercepat proses persidangan.

Baca: Carlos Ghosn Tegaskan PM Jepang Shinzo Abe Tidak Terlibat dalam Kasusnya

Baca: Carlos Ghosn Ditawarkan Main Film oleh Pihak Hollywood, Ceritakan Pengalamannya di Jepang

"Telah dikritik bahwa adanya larangan pertemuan dengan istrinya selama jaminan adalah pelanggaran hak asasi manusia. Namun sebenarnya sejak awal tidak ada batasan untuk mengunjungi orang tertentu kecuali ada risiko melarikan diri atau hilangnya bukti kejahatan," ungkap dia.

Terlepas dari kritik bahwa penyelidikan dilakukan dengan intrik Nissan dan pejabat pemerintah Jepang, pertama-tama, kantor kejaksaan terlibat dalam konspirasi pemangku kepentingan tertentu dan memutuskan bahwa penyelidikan itu, adalah sama sekali tuduhan yang tidak benar.

Selain itu, Ghosn telah membuat tuduhan tentang proses kriminalnya, tetapi dalam kasus apa pun, tuduhan ini tidak membenarkan pelarian Ghosn dari Jepang.

Carlos Ghosn (64) saat ke luar penjara kemarin (6/3/2019).
Carlos Ghosn (64) saat ke luar penjara kemarin (6/3/2019). (Richard Susilo)

"Pelarian itu adalah tindak pidana," kata dia.

Selain itu, jika ada tuduhan yang berkaitan dengan kasus individu, hanya perlu membuat tuduhan bersama dengan bukti nyata di pengadilan Jepang.

"Saya sangat berharap untuk keputusan pengadilan yang terbaik nantinya," kata Menteri Mori.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas