Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Misteri Kim Jong Un dan Baku Tembak di Perbatasan Korea

Pada Minggu (3/5) pagi, militer Korut dan Korsel baku tembak di sekitar pos jaga Korsel sehingga meningkatkan ketegangan.

Penulis: Febby Mahendra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Misteri Kim Jong Un dan Baku Tembak di Perbatasan Korea
KCNA via NK News
Kim Jong Un berada di pabrik pupuk wilayah Sunchon utara Pyongyang, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). Berikut foto-foto kemunculan Perdana Kim Jong Un setelah diisukan meninggal dunia. Terlihat sang adik, Kim Yo Jong, ada di dekatnya. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Muncul kontroversi  baru mengenai Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.  Pejabat Korea Selatan menyebut Kim Jong Un tidak menjalani opersi jantung, sebelum menghilang selama tiga minggu.

Menurut kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap,  pejabat  Korea Selatan itu  menolak memberikan alasan yang menyakinkan mengenai Kim tidak menjalani operasi.

Namun, ia menyebutkan spekulasi laporan soal Kim kemungkinan dioperasi karena ada perbedaan gerak di kakinya, tidaklah benar.

Baca: Mimpi Abidzar dan Menangis Tiap Dengar Lagu Uje, Putra Umi Pipik: Nanti di Surga Kita Naik Motor Ya

Baca: FAKTA Pasien Corona di Samarinda Ngamuk Lagi: Pukul Perawat, Ruang Karantina Dipasang Terali Besi

Pada Minggu (3/5) pagi, militer Korut dan Korsel baku tembak di sekitar pos jaga Korsel sehingga meningkatkan ketegangan.

Baca: Najwa Shihab Kritik DPR, Arteria Dahlan: Ini Bulan Puasa, Saatnya Perbanyak Ibadah Bukan Gibah

Adu tembak itu terjadi satu hari setelah media pemerintah Korut memperlihatkan Kim sedang mengunjungi pabrik pupuk, yang menjadi laporan pertama kemunculannya kembali sejak 11 April.

Sejumlah tembakan dilepaskan dari Korea Utara pukul 07.41 waktu setempat ke arah pos jaga di Korea Selatan, yang berbatasan dengan Korut.

Korsel membalas aksi tersebut dengan melepaskan dua kali tembakan ke arah Korut. 

BERITA TERKAIT

Tak ada korban luka yang dilaporkan.  Peristiwa baku tembak pada Minggu merupakan konfrontasi terbaru antara kedua Korea, yang secara teknis masih berperang.

Baca: David da Silva & Mahmoud Eid Tak Pernah Ikut Latihan Online Persebaya, Terkendala Perbedaan Waktu

Presiden Amerika Serikat (ASD) onald Trump pada Sabtu (2/5) melalui akun Twitter miliknya  menanggapi sejumlah laporan mengenai kemunculan kembali  Kim Jong Un di hadapan publik.

Trump mencuitkan, "Saya senang melihat dia kembali dan dalam kondisi sehat!”

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN berdasarkan berbagai analisis intelijen, foto-foto yang dirilis kantor berita Korut mengenai penampilan Jong Un pada Jumat (1/4) lalu, merupakan foto asli.

Baca: Hanya 10 Menit, Pelaku Pembunuh Sopir Taksi Online Ditangkap, Begini Kronologinya

Baca: Cerita Suami Relakan Istri Menikah dengan Selingkuhannya, Berawal Terpergok Berduaan di Kamar Kos

Beberapa hari sebelumnya, Penasihat Presiden Korea Selatan Moon Chung-in mengatakan Kim Jong Un dlam kondisi sehat. 

Penasihat Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan Kim Jong Un telah tinggal di daerah Wonsan, di pantai timur negara itu, sejak 13 April.

Spekulasi  mengenai kesehatan Kim awalnya muncul setelah dia absen dalam perayaan ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung,  pada 15 April. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas