Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
Deutsche Welle

Selatan Afrika Tanggapi Kemunculan ‘Khilafah Islam‘ di Mozambik

Perang demi Kekhalifahan Islam yang dilancarkan kelompok Ahlu Sunnah wa-Jamo di Mozambik memicu kekhawatiran negara-negara jiran.…

Geliat teror kelompok Ahlu Sunnah Wa-Jamo (ASWJ) di Mozambik dinilai berpotensi memicu krisis keamanan di selatan Afrika. Itu sebabnya negara jiran Botswana, Zambia dan Zimbabwe berembuk dan meminta campur tangan negara-negara anggota Komunitas Perkembangan Selatan Afrika (SADC).

Dalam pertemuan di ibukota Zimbabwe, Harare, Selasa (19/5), kepala pemerintahan dari ketiga negara mengecam “serangan bersenjata dan aksi sabotase yang dilakukan oleh kelompok teroris,“ di provinsi Cabo Delgado, di timur laut Mozambik.

Sepanjang bulan Mei ini, sayap militer ASWJ yang menamakan diri sebagai Ansar al-Sunna sudah melancarkan 11 serangan mematikan. Sedikitnya 1.100 orang tewas sejak pertamakali kelompok teror itu aktif pada 2017 silam, demikian menurut Armed Conflict Location & Event Data Project (ACLED).

Eskalasi teranyar bermula akhir Maret lalu ketika ASWJ merebut pelabuhan strategis di Mocimboa da Praira dan mendudukinya selama 24 jam. Dua hari berselang para jihadis menyerbu kota Quissanga dan bercokol selama beberapa pekan.

Kelompok itu juga menyerang markas kepolisian dan membebaskan tahanan, membakar rumah serta gedung-gedung sekolah. April silam setidaknya 52 orang dibunuh atau dipenggal di Xitaxi lantaran menolak bergabung dengan Ansar al-Sunnah.

Pada saat yang sama kelompok bersenjata lain bergerak ke arah kota Mueda yang merupakan kampung halaman Presiden Filipe Nyusi. Namun mereka menghadapi perlawanan hebat dari tentara pemerintah dan akhirnya dipaksa mundur.

Dalam dua pertempuran terbesar sejak eskalasi teranyar, militer Mozambik sudah membunuh setidaknya 50 orang jihadis, klaim pemerintah pekan lalu. Sebanyak 42 kombatan ASWJ disebutkan tewas di Mocimboa da Praia dan delapan lainnya di kota Quissanga.

Standar kemanusiaan dalam perang melawan teror

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa menyebut ancaman ASWJ sedemikian nyata dan mendesak negara-negara jiran agar “bahu membahu“ menyatukan kekuatan melawan geliat terorisme di Cabo Delgado.

“Pertemuan puncak organ luar biasa Troika ditambah Mozambik berkomitmen dan mendesak negara anggota SADC untuk membantu pemerintah Mozambik dalam perang melawan teroris dan kelompok bersenjata di sejumlah distrik di Cabo Delgado,“ begitu bunyi deklarasi bersama ketiga negara usai pertemuan di Harrare.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: Deutsche Welle
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas