Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Eksklusif Tribunnews

Mojang Bandung Arsitek Penghijauan Kota Chicago dan San Fransisco

Kota Chicago dan San Fransisco. Konsep penghijauannya dirancang untuk ruang terbuka, gedung, sarana maupun transit publik.

Mojang Bandung Arsitek Penghijauan Kota Chicago dan San Fransisco
TRIBUNNEWS/HO
Direktur Penghijauan Kota San Fransisco Astrid Sri Haryati. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA-Astrid Haryati, mojang asal Kota Bandung yang sempat menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung (ITB), melanglang ke Amerika Serikat dan berhasil menghijaukan Kota Chicago dan San Fransisco. Konsep penghijauannya dirancang untuk ruang terbuka, gedung, sarana maupun transit publik.

Rancangannya dalam mennghijaukan Kota, tentu dengan terlebih dahulu mempelajari karakteristik kota dan masyarakatnya. Seperti apa kiprah dan rancangannya? Berikut wawancara Astrid dengan Denis Destriawan dari Tribun Network:

Bagaimana ceritanya bisa menjabat sebagai Direktur Penghijauan Kota San Fransisco?

Sebelum direkrut oleh Walikota San Francisco, saya pernah menjabat posisi setara di Kantor Walikota Chicago yang dikenal dengan program penghijauan kotanya melalui kebijakan publik maupun program fisik untuk ruang terbuka.

Baca: Viral Tagar #IndonesiaTerserah, Dekan FKUI: Wajar Kalau Petugas Kesehatan Frustasi

Gedung dan sarana maupun sistem transit publik dan kendaraan berteknologi hijau, dan juga kegiatan masyarakat yang mendorong penghijauan kota termasuk di jalur sungai.

Berbagai program berbasis insentif termasuk untuk kerjasama penghijauan kota dengan swasta, percepatan perijinan proyek yang berstrategi hijau, "urban financing" berbasis data masyarakat, perbaikan infrastruktur transit publik, sampai dengan insentif pembersihan sungai kota menjadi program tumpuan di Chicago saat itu.

Saat tugas kerja di kantor Walikota Chicago itulah saya sering dimintakan input oleh Walikota San Francisco terkait berbagai lingkup kerja saya. Kemudian diminta untuk bergabung dengan beliau untuk membentuk dan mengaplikasikan program yang sesuai dengan karakter kotanya.

Bagi saya, tentunya pengalaman di dua kota ini sangat berharga untuk profesional di bidang perencanaan dan perancangan, untuk bisa mengaplikasikan inovasi dalam skala yang cukup luas. 

Baca: Point Break, Saatnya Beradaptasi dengan Corona

Apa saja tantangan selama menjabat?

San Francisco walau hanya 1/10 dari ukuran kota Chicago, memiliki tantangan unik sebagai kota yang dikelilingi air di tiga sisi (laut dan teluk) dan yang juga berbukit untuk tetap bisa ramah pejalan kaki dan memiliki kinerja berkelanjutan yang menyeluruh. Tentunya harus dimulai dengan penataan kembali kebijakan publik perencanaan kota, tapi bukan yang teoritis tetapi yang berorientasi aksi dengan melalui format inisiasi "pilot project".

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas