Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Membaca Strategi China Hambat Pergerakan Tentara India Menuju Pos Militer Karakoram

China ingin menghambat pengembangan jalan Oldb Dar Beg Begie 255 kmb Darbuk-Shyok-Daulat yang akan memberikan akses mudah bagi pasukan India.

Membaca Strategi China Hambat Pergerakan Tentara India Menuju Pos Militer Karakoram
NEW INDIAN EXPRESS
Militer India bersiaga di perbatasan darat India-China di Landakh. 

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Hubungan India dan China di perbatasan yang sempat memanas mulai mereda pasca jenderal kedua negara melakukan pertemuan. Hal itu sebagaimana dilaporkan Kementerian Luar Negeri India seperti dilansirEurasiantimes.com, Minggu (7/6/2020).

India dan China telah menyetujui untuk menyelesaikan sengketa perbatasan yang membara di sepanjang Garis Kontrol Aktual melalui saluran diplomatik damai.

Baca: India dan China Memutuskan Selesaikan Sengketa Perbatasan secara Damai

Pernyataan pada hari Jumat ini datang sehari sebelum jenderal militer kedua negara bersenjata nuklir akan bertemu di dekat lokasi kebuntuan perbatasan mereka untuk mencoba dan menemukan cara untuk mengeskalasi situasi.

Baca: Pejabat Pertahanan Sipil India Positif Covid-19, Pejabat Lainnya Was-Was

Pertemuan ini merupakan pertemuan tingkat tinggi pertama antara Letjen Harinder Singh, perwira jenderal yang memimpin 14 Korps yang bermarkas di Leh, dan mitranya dari Tiongkok.

Para pejabat India mengatakan, kedua belah pihak pertama-tama akan fokus untuk mendapatkan menarik kembali militer dan perangkat keras kedua negara ke posisi sebelumnya.

Baca: Militer China dan India Mulai Tumpuk Pasukan Serta Pesawat Tempur di Perbatasan

"Kami tidak terburu-buru ... dan saya percaya, tidak juga pihak China," kata seorang pejabat pemerintah kepada HT mengisyaratkan bahwa Delhi telah mengadopsi "pendekatan realistis" untuk sengketa perbatasan.

Menurut Laporan HT, pejabat India percaya bahwa kebuntuan perbatasan di Pangong Tso tampaknya ditujukan untuk mengendalikan gunung Srijap yang menghadap danau, tetapi perselisihan di lembah Galwan jauh lebih rumit.

Parade militer China. China menempatkan 10.000 pasukannya di perbatasan India.
Parade militer China. China menempatkan 10.000 pasukannya di perbatasan India. (defensnews/AFP)

China ingin menghambat pengembangan jalan Oldb Dar Beg Begie 255 kmb Darbuk-Shyok-Daulat yang akan memberikan pasukan India jalur yang nyaman ke pos militer terakhir mereka di Karakoram Pass.  Sementara India, ingin menyelesaikan konstruksi pada musim panas ini.

Setelah jalan ini selesai, kemampuan militer India akan meningkat secara signifikan di wilayah tersebut dan memungkinkan pasukan India menekan PLA China di Karakoram Pass, wilayah sungai Chip Chap, Trig Heights, Sumber Air Panas, Galwan dan Depsang Plains, laporan HT mengatakan .

Saat ini, China dan sekutu strategisnya Pakistan dihubungkan oleh jalan raya Karakoram melalui Khunjerab Pass.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas