Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

China Vs Amerika

Media Pemerintah China: 72 Jam Konsulat AS di Chengdu Harus Sudah Tutup

Aksi balasan ini terjadi hanya berselang sekitar 48 jam setelah tersiar informasi bahwa pemerintah AS memerintahkan China untuk menutup kantor konsula

Media Pemerintah China: 72 Jam Konsulat AS di Chengdu Harus Sudah Tutup
Sputnik News
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING -- China memerintahkan Amerika Serikat untuk menutup Konsulat di kota Chengdu pada Jumat (24/7/2020).

Sama seperti langkah AS ketika meminta menutup Konsulat di Houston, China memberikan waktu yang sama, yakni 72 jam bagi negera Paman Sam untuk menutup Konsulat di kota Chengdu.

Demikian pemimpin redaksi media pemerintah China, Global Times, Hu Xijin mengatakan pada Jumat (24/7/2020), seperti dilansir Reuters.

Global Times diterbitkan oleh People's Daily, Surat Kabar resmi dari Partai Komunis China yang berkuasa.

"China telah memerintahkan Amerika Serikat untuk menutup Konsulat di kota barat daya Chengdu dalam 72 jam," ujar Hu Xijin.

Ia mengatakan pihak China memberitahukan perintah itu kepada AS pada Jumat (24/7/2020) pukul 10 pagi waktu setempat.

Artinya, Senin pekan depan pada pukul 10 pagi, konsulat AS itu sudah harus kosong.

Baca: China Balas Perlakuan AS, Konsulat AS di Chengdu Diperintahkan Ditutup

Aksi balasan ini terjadi hanya berselang sekitar 48 jam setelah tersiar informasi bahwa pemerintah AS memerintahkan China untuk menutup kantor konsulatnya di Houston.

"Tindakan yang diambil oleh China adalah respons yang sah dan perlu atas tindakan yang tidak bisa dibenarkan dari AS,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China, Jumat (24/7/2020).

SebelumnyabChina telah memperingatkan akan membalas AS yang memberikan waktu 72 jam-sampai Jumat-untuk mengosongkan Konsulat Houston.

"AS mengambil langkah serius melanggar hukum internasional, norma dasar hubungan internasional, dan persyaratan Konvensi Konsuler China-AS. Ini serius merugikan hubungan China-Amerika," demikian Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Jumat (24/7/2020).

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas