Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

AS Pertimbangkan Uni Emirat Arab Bisa Segera Miliki Jet Tempur F-35

Presiden AS Donald Trump mengonfirmasi UEA ingin membeli F-35, tetapi menambahkan masalah itu sedang ditinjau dan mereka akan melihat apa yang terjadi

AS Pertimbangkan Uni Emirat Arab Bisa Segera Miliki Jet Tempur F-35
Lockheed Martin/Jerusalem Post
Jet tempur siluman baru Israel, F-35, buatan Lockheed Martin, AS, dalam terbang uji coba. (Foto: Dok)(Lockheed Martin/Jerusalem Post) 

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV – Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, AS akan mempertimbangkan penjualan senjata ke Uni Emirat Arab.

Tetapi Washington juga akan bekerja untuk memastikan Israel terus menikmati keunggulan militernya melawan tetangga-tetangganya di Timur Tengah.

Pompeo tiba di Israel, Senin (24/8/2020), untuk melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Ini tur diplomatic Pompeo ke wilayah konflik tersebut sekaligus mempromosikan rencana perdamaian Timur Tengah ala pemerintahan Trump.

Terkait penjualan senjata AS ke UEA, Pompeo menanggapi kabar sebelumnya yang menyebutkan AS akan menjual jet tempur F-35 ke Negara itu.

"AS memiliki persyaratan hukum sehubungan dengan keunggulan militer kualitatif. Kami akan terus menghormati itu," kata Pompeo.

Ia menyampaikan pernyataan itu setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Kalimat itu memberi isyarat, Israel tetap prioritas utama bagi Washington.  

Netanyahu yang berada di sisi Pompeo membenarkan Menlu Pompeo telah meyakinkannya AS akan bekerja untuk menjaga keunggulan kekuatan militer Israel di kawasan regional setempat.

Kunjungan Pompeo terjadi setelah pengumuman kesepakatan perdamaian UEA-Israel yang ditengahi AS. Abu Dhabi menjadi negara pertama di kawasan Teluk Persia, dan negara Arab ketiga setelah Mesir dan Yordania yang menormalkan hubungan dengan Tel Aviv.

Baca: Dibantu AS, Israel dan Uni Emirat Arab Sepakat Berdamai, Ini Kata Trump

Baca: Dibantu AS, Israel dan Uni Emirat Arab Sepakat Berdamai, Ini Kata Trump

Upacara resmi diperkirakan akan diadakan di Washington dalam beberapa minggu mendatang. Selama kunjungannya, Pompeo memuji kesepakatan normalisasi itu.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas