Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Foto Replika Drone Heli Tempur China Muncul saat Kapal Induknya Kembali dari Tes Pelayaran

Militer China membangun tiga kapal induk pengangkut helikopter sekaligus kapal amfibi. Dua produk kapal telah sukses menjalani tes pelayaran.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Foto Replika Drone Heli Tempur China Muncul saat Kapal Induknya Kembali dari Tes Pelayaran
Sina Weibo
Tiga sosok model drone helikopter China terparkir di sebuah dermaga di pelabuhan Shanghai. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Foto kemunculan replika atau model pesawat nirawak atau drone helikopter tempur China beredar luas di aplikasi mikrobloging Sina Weibo.

Tidak ada penjelasan atau keterangan resmi dari pemerintah atau militer China. Beredarnya foto drone helikopter itu bersamaan kepulangan kapal induk helikopter pertama buatan China.

Kapal induk itu terlihat memasuki dok pembuatannya di pelabuhan Shanghai. Kabar di Weibo ini diviralkan akun Twitter @RuprechDeino yang mendeskripsikan dirinya peneliti dan penulis buku kemiliteran.

Laman berita Rusia, Sputniknews.com mengutipnya, Selasa (25/8/2020). Kapal induk helikopter China yang masih kosong, belum bernomer itu hanya disebut kapal serbu amfibi Type 075.

Sementara drone helikopter tak berawak terparkir di sebuah dermaga, yang mungkin menjadi bagian armada yang memperkuat kapal induk baru ini.

Disebutkan, foto-foto itu diabadikan di pelabuhan Shanghai, Minggu (23/8/2020). Foto drone helikopter belum pernah tidak terlihat sedetail itu.

Tiga sosok helikopter tak berawak itu berbeda. Dua di kiri sebelumnya telah terlihat di dermaga galangan kapal Hudong-Zhonghua di dekat Type 075, tetapi tidak pernah terlihat sejelas itu.

BERITA TERKAIT

Jika di posisi paling kiri pesawat tak berawak (UAV) yang misterius jenis penggunaannya, dua lainnya yang di tengah dan kanan menyerupai helikopter angkut berat Z-8, versi lisensi dari French Aérospatiale SA 321 Super Frelon.

Drone Helikopter China
Sosok model, replika atau drone helikopter serbu buatan China terparkir di dermaga pelabuhan Shanghai.

Posisi paling kanan menyerupai helikopter multi-peran Z-20, produksi pabrikan sama di Prancis. Tiga sosok drone itu diduga dipakai sebagai model untuk menguji semua fungsi kapal induk.

Misalnya elevator, hanggar, dan lain sebagainya. Pada waktunya nanti model itu akan menjadi helikopter sungguhan.

Menurut Sputniknews, model yang terlihat publik itu berukuran lebih besar dari yang pernah muncul. Versi drone helikopter China yang terlihat sejauh ini lebih kecil dari profil yang terlihat di Shanghai.

Sementara outlet Prancis, East Pendulum, menyebut dimensi drone dapat diekstrapolasi dari ukurannya dibandingkan dengan Z-8: panjangnya kira-kira antara 8,23 dan 9,55 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter.

Tentang kapal induk helikopter atau kapal Type 075, telah menyelesaikan uji coba laut pertamanya, yang berlangsung sekitar empat minggu.

Akun analisis militer Detresfa di Twitter memposting peta pada hari Senin yang menunjukkan jalur zigzag yang dipotong Type 075 melintasi Laut China Timur selama perjalanan 19 hari.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas