Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan AS di Suriah Dikejar-kejar Kendaraan Tempur dan Heli Serang Rusia

Pasukan AS secara ilegal menduduki wilayah kaya minyak di Suriah timur laut. Militer Rusia berusaha menghalaunya atas permintaan pemerintah Damaskus.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pasukan AS di Suriah Dikejar-kejar Kendaraan Tempur dan Heli Serang Rusia
AFP/OMAR HAJ KADOUR
Tentara Turki mengawasi ketika kendaraan militer patroli Rusia-Turki melewati jalan raya M4 di pinggiran kota Ariha yang dikuasai pemberontak di provinsi Idlib barat laut Suriah pada 7 Mei 2020. - (Foto oleh Omar HAJ KADOUR / AFP ) 

TRIBUNNEWS.COM, BEIRUT – Dua kendaraan tempur pasukan AS dikejar-kejar empat mobil lapis baja dan jip militer Tigr Rusia di pedesaan Provinsi Al Hasakeh. Suriah timur laut.

Rekaman detik-detik ketika mesin perang AS itu dipepet, didorong dan dikejar pasukan Rusia terlihat di video yang dikutip situs Al Masdar News Network yang berbasis di Beirut, Lebanon, Rabu (26/8/2020).

Dilihat dari kedua video, elemen dua kekuatan perang adidaya terlibat kontak langsung dan seperti permainan “kucing mengejar tikus”.




Video pertama diambil dari jarak cukup jauh, tanpa suara. Debu mengepul di dataran luas saat kendaraan tempur Rusia mengejar mobil ranpur AS berwarna cokelat.

Kendaraan Rusia terlihat dari warna khasnya hijau zaitun. Helikopter tempur, kemungkinan Mi-35, terbang rendah dan ikut berputar-putar di atasnya.

Video kedua juga diambil dari jarak cukup jauh. Dilihat dari adegan yang terekam, kendaraan yang terlihat, peristiwanya sama di lokasi yang sama.

Di rekaman video ini terdengar suara beberapa anak-anak di antara deru mesin dan baling-baling helikopter Rusia.  

BERITA TERKAIT

Di media sosial Twitter, rekaman itu diposting akun @Ibra_Joudeh dan @vvanwilgenburg, Rabu (26/8/2020). Kedua akun ini dipakai rujukan Al Masdar News.

Cuitan di akun @vvanwilgenburg menyebutkan peristiwa itu terjadi 24 Agustus 2020 saat pasukan Rusia berusaha menghalau kendaraan tempur AS di Derik (Malikiya) di Al Hasakeh.

Sedangkan akun @Ibra_Joudeh menulis “permainan kucing dan tikus” berlanjut antara pasukan Rusia dan Amerika di Hasakeh.

Insiden langsung di medan tempur antara pasukan Rusia dan AS ini perulangan dari peristiwa beberapa waktu lalu.

Mobil perang pasukan Rusia memburu konvoi kendaraan patroli AS di sebuah kawasan pedesaan di Al Hasakeh.

Kendaraan tempur Rusia langsung mencegat di depan konvoi, mengepung di belakangnya. Perwakilan kedua pasukan kemudian bertemu.

Perwira Rusia meminta pasukan AS pergi dari wilayah Suriah. Mereka oleh perwira Rusia disebut pendatang illegal, sementara pasukan Rusia datang karena diundang pemerintah Suriah.  

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas