Tribun

Pria Tewas Ditembak di Portland saat Massa Pro-Trump dan Demonstran Bentrok

Selama lebih dari 90 malam berturut-turut, pengunjuk rasa di Portland, Oregon, mengecam kebrutalan polisi dan ketidakadilan rasial.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pria Tewas Ditembak di Portland saat Massa Pro-Trump dan Demonstran Bentrok
AFP/JOHANNES EISELE
Pengunjukrasa meluapkan amarhnya kepada petugas NYPD dalam aksi unjuk rasa 'Black Lives Matter' di kota New York, Kamis (28/5/2020). Amerika Serikat dilanda kerusuhan hebat, pasca meninggalnya George Floyd akibat kehabisan nafas, setelah lehernya ditindih seorang petugas Polisi Minneapolis dalam sebuah penangkapan. AFP/JOHANNES EISELE 

TRIBUNNEWS.COM, PORTLAND - Seorang warga tewas ditembak di pusat kota Portland, Sabtu (29/8/2020) malam waktu setempat atau Minggu (30/8/2020) WIB.

Pria itu tewas ditembak setelah terjadi bentrokan antara pendukung Trump dan pengunjuk rasa yang mengecam kebrutalan polisi Amerika.

Polisi belum merilis rincian tentang korban, yang menurut mereka ditembak di dada sekitar pukul 20.46 waktu setempat dekat Southeast Third Avenue dan Southwest Alder Street.

Pihak berwenang juga belum memberikan informasi tersangka. Mereka meminta siapa pun yang menyaksikan insiden tersebut atau memiliki video penembakan tersebut untuk menghubungi penyelidik.

Baca: VIRAL Massa Pendukung Donald Trump, Olok- olok Black Lives Matter & Perankan Tewasnya George Floyd

Baca: Dukung Gerakan Black Lives Matter, Raheem Sterling Sebut Rasisme Penyakit yang Harus Dihentikan

Selama lebih dari 90 malam berturut-turut, pengunjuk rasa di Portland mengecam kebrutalan polisi dan ketidakadilan rasial.

Protes itu dipicu oleh pembunuhan George Floyd pada Mei 2020, dan semakin memanas setelah penembakan Jacob Blake akhir pekan lalu di Wisconsin.

Pria yang tewas di Portland Sabtu malam itu mengenakan topi berlencana Patriot Prayer, kelompok sayap kanan yang berbasis di Portland yang pernah bentrok dengan pengunjuk rasa di masa lalu.

Laporan CNN mengutip reporter New York Times, Mike Baker, menyebutkan Sabtu malam, polisi mencuit informasi telah terjadi beberapa kekerasan antara demonstran dan counterdemonstrator.

Cuitan di akun kepolisian Portland mengatakan petugas melakukan beberapa penangkapan dan meminta orang untuk menghindari pusat kota karena lalu lintas dari rapat umum politik.

Lalu lintas tersebut bertepatan dengan rencana "Trump 2020 Cruise Rally in Portland" yang diiklankan di Facebook.

Menurut acara yang diposting, peserta berencana untuk berkumpul di Clackamas Town Center di Clackamas, Oregon, sekitar 17 mil tenggara Portland.

Menggunakan mobil, sepeda motor, dan truk, massa berencana mengikuti "rute reli kampanye Trump 2020."

Sebuah gambar yang diposting di Facebook menunjukkan itu tampaknya mencakup area pusat kota Portland.

Sabtu sore, sekelompok besar pendukung Trump dan mobil berkumpul di Pusat Kota Clackamas. Rekaman video dari KOIN menunjukkan truk pickup berbendera Amerika, bendera "Garis Biru Tipis" dan bendera Trump 2020 terpampang mencolok di kendaraan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas