Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pascabertemu India di Moskow, China Nyatakan Tak Bisa Kehilangan Satu Inci pun Wilayahnya

China mengatakan India "sepenuhnya" bertanggung jawab atas konflik perbatasan kedua negara itu.

Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: haerahr
zoom-in Pascabertemu India di Moskow, China Nyatakan Tak Bisa Kehilangan Satu Inci pun Wilayahnya
HANDOUT / PIB / AFP
Perdana Menteri India, Narendra Modi, berjalan bersama komandan militer setelah dirinya sampai di Leh, Ladakh (3/7/2020). Ini adalah kunjungan pertamanya di tempat itu sejak terjadinya bentrok berdarah antara pasukan India dan China pada Juni 2020. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah China pada Sabtu pagi, (5/9/2020), menyatakan India "sepenuhnya" bertanggung jawab atas konflik perbatasan di Himalaya, menurut media India NDTV.

NDTV juga menyebut pemerintah China menyatakan negaranya tidak akan kehilangan "satu inci pun wilayahnya."

India kemudian segera menanggapi pernyataan ini dan Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengatakan bahwa tindakan China, termasuk "mengumpulkan pasukan dalam jumlah besar, berperilaku agresif dan berusaha mengubah status quo secara sepihak", menyalahi kesepakatan bilateral.

"Penyebab dan fakta ketegangan di perbatasan China-India sudah jelas, dan tanggung jawab sepenuhnya berada di pihak India. China tidak bisa kehilangan satu inci pun wilayahnya," kata China dalam penyataan mereka, dikutip dari NDTV.

China juga mengatakan angkatan bersenjatanya mampu, percaya diri, dan bertekad menjaga kedaulatan nasional dan integritas wilayah.

Baca: Donald Trump: AS Siap Membantu Menyelesaikan Konflik Antara India dan China

Sebuah jet tempur India terbang di atas pegunungan di Leh, ibu kota bersama wilayah federal (union territory) Ladakh yang berbatasan dengan China, pada 2 September 2020.
Sebuah jet tempur India terbang di atas pegunungan di Leh, ibu kota bersama wilayah federal (union territory) Ladakh yang berbatasan dengan China, pada 2 September 2020. (MOHD ARHAAN ARCHER / AFP)

Selain itu, China meminta India untuk "bersungguh-sungguh menerapkan kesepakatan penting yang dicapai oleh Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Narendra Modi dan mendesak untuk menyelesaikan masalah ini melalui pembicaraan dan perundingan".

BACA SELENGKAPNYA --->

 
BERITA TERKAIT
Sumber: TribunnewsWiki
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas