Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi di Thailand Selidiki Media atas Liputan Protes, Diduga Ada Konten yang Pengaruhi Keamanan

Polisi Thailand tengah menyelidiki empat media dan kelompok protes atas liputan mereka tentang unjuk rasa baru-baru ini.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Polisi di Thailand Selidiki Media atas Liputan Protes, Diduga Ada Konten yang Pengaruhi Keamanan
Twitter Pravit Rojanaphruk
Polisi Thailand menyemprotkan water cannon (meriam air) kepada para pengunjuk rasa damai pro-demokrasi di Bangkok pada (Jumat (16/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Polisi Thailand tengah menyelidiki media dan kelompok protes atas liputan mereka tentang unjuk rasa baru-baru ini.

Mengutip Al Jazeera, menurut dokumen yang diterbitkan media lokal pada Senin (19/10/2020), langkah ini ditempuh karena ada kecurigaan mereka telah melanggar tindakan darurat yang membatasi informasi.

"Tampaknya ada konten yang berpengaruh pada keamanan negara, perdamaian dan ketertuban atau moral," terang dokumen tertanggal 16 Oktober 2020 itu.

Pihak berwenang menambahkan, mereka kana meminta regulator penyiaran Thailand dan Kementerian Digital untuk menyelidiki VOICE TV, The Reporters dan Prachathai.

"Mereka akan menangguhkan penyiaran atau menghapus informasi komputer," kata pernyataan itu.

Baca juga: Terima Wisatawan Asing, Thailand Resmi Buka Pariwisata Setelah 7 Bulan Terhenti Akibat Pandemi

Baca juga: Beritakan Aksi Anti-Pemerintah, Kantor Berita Ini Ditutup Pemerintah Thailand

Polisi Thailand menyemprotkan water cannon (meriam air) kepada para pengunjuk rasa damai pro-demokrasi di Bangkok pada (Jumat (16/10/2020).
Polisi Thailand menyemprotkan water cannon (meriam air) kepada para pengunjuk rasa damai pro-demokrasi di Bangkok pada (Jumat (16/10/2020). (Twitter Pravit Rojanaphruk)

Lebih lanjut, polisi mengatakan akan ada pengarahan tentang masalah ini, tetapi tidak segera memberikan komentar.

Sebagai tanggapan, Prachathai mengatakan "merasa terhormat untuk melaporkan informasi akurat tentang hak asasi manusia dan perkembangan politik" dan akan berusaha sebaik mungkin untuk terus melakukannya.

BERITA TERKAIT

Sementara, Thapanee Eidsrichai, pendiri The Reporters, mengatakan organisasi tersebut belum menerima perintah resmi dan organisasi akan "terus melakukan tugasnya".

Baca juga: Situasi Terbaru Thailand: Demo Kian Panas, 4 Kantor Media Diinvestigasi, Investor Mulai Angkat Kaki

Dewan redaksi Thai Enquirer, yang tidak termasuk di antara mereka yang disebutkan dalam dokumen, menyuarakan dukungannya terhadap media gratis.

Baca juga: Hari Kelima Protes Thailand: Demonstran Meluas ke Luar Bangkok

"Alih-alih berdialog, membuka diskusi, dan pers, pemerintah memilih untuk merangkul akar dan sensor otoriternya, menutup, dan mengintimidasi wartawan yang bekerja untuk menyajikan berita," tulis Pemimpin Redaksi Cod Satrusayang dalam sebuah pernyataan.

Dia juga mendesak pemerintah untuk membatalkan perintah tersebut.

Pengunjuk rasa pro-demokrasi melakukan penghormatan tiga jari di Sanam Luang di sebelah Grand Palace di Bangkok pada tanggal 20 September 2020
Pengunjuk rasa pro-demokrasi melakukan penghormatan tiga jari di Sanam Luang di sebelah Grand Palace di Bangkok pada tanggal 20 September 2020 (Vivek Prakash / AFP)

Baca juga: Demo Thailand: Protes Anti Pemerintah Terus Berlanjut, 77 Stasiun Kereta di Bangkok Ditutup

Ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah mengambil alih persimpangan utama di Bangkok pada hari Minggu, meskipun pemerintah melarang protes yang diberlakukan pada hari Kamis.

Mereka menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, yang memimpin kudeta pada tahun 2014 dan memperkuat posisinya dalam pemilihan umum tahun lalu, dan monarki untuk direformasi.

Seorang juru bicara perdana menteri mengatakan pada hari Minggu bahwa Prayuth prihatin tentang penyebaran protes dan ingin berbicara.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas