Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Sementara Pilpres Amerika: Demokrat Diproyeksikan Tetap Pertahankan Kendali DPR

Demokrat diproyeksikan tetap memegang kendali Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam hasil sementara Pilpres AS 2020.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Hasil Sementara Pilpres Amerika: Demokrat Diproyeksikan Tetap Pertahankan Kendali DPR
TRIBUN/DIAN PRATIWI PANGEMANAN
Pengunjuk rasa membanjiri jalanan kota New York saat pemungutan suara Pemilihan Presiden Amerika Serikat berlangsung, Selasa (3/11/2020). Calon Presiden dari Partai Republik yang juga petahana Donald Trump bertarung dengan lawannya dari Partai Demokrat Joe Biden untuk memperebukan kursi Presiden Amerika Serikat. TRIBUNNEWS/DIAN PRATIWI PANGEMANAN 

TRIBUNNEWS.COM - Demokrat diproyeksikan tetap memegang kendali Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam hasil sementara Pilpres AS 2020.

Tetapi, Partai Republik tampaknya menangkis gelombang biru (Demokrat) dan masih mempertahankan mayoritas mereka.

Ketua DPR Nacny Pelosii dari Partai Demokrat diharapkan dapat memperluas mayoritas partainya di DPR dengan sekira lima kursi.

"Saya sangat banga dengan fakta malam ini, relatif lebih awal, kami dapat mengatakan, kami telah memenangkan DPR," kata Pelosi mengumumkan setelah pukul 23.00 waktu setempat dalam konferensi pers, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Klaim Menang di Pilpres AS, Joe Biden Sebut Demokrat Berada di Jalur yang Benar

Baca juga: Mampukah Biden jadi Demokrat Kedua yang Merebut Basis Republik di Arizona?

Dua kandidat capres di Pilpres Amerika Serikat, Joe Biden (Demokrat) dan Donald Trump (Republik).
Dua kandidat capres di Pilpres Amerika Serikat, Joe Biden (Demokrat) dan Donald Trump (Republik). (AFP)

Mengutip Fox News, kemungkinan besar, kursi Senat akan lebih sengit.

Untuk memenangkan mayoritas suara, Demokrat membutuhkan perolehan bersih tiga kursi dan Joe Biden terpilih jadi presiden.

Pada pukul 02.00 pagi waktu setempat, Demokrat tercatat memperoleh keuntungan bersih satu kursi.

BERITA REKOMENDASI

Meski mereka gagal dalam membalikkan Iowa, Carolina Selatan, Kansas, Texas dan Montana.

Baca juga: Demokrat Siapkan Langkah Legislative Review Ubah UU Cipta Kerja

Ekspresi Donald Trump ketika mengunjungi markas kampanyenya di Arlington, Virginia, 3 November 2020. Amerika yang terpecah akan pergi ke tempat pemungutan suara pada hari Selasa di tengah pandemi terburuk dalam satu abad dan krisis ekonomi untuk memutuskan apakah akan memberi Presiden Donald Trump empat tahun lagi atau kirim Demokrat Joe Biden ke Gedung Putih. Jumlah pemungutan suara awal yang memecahkan rekor - lebih dari 100 juta - telah diberikan dalam pemilihan yang membuat negara itu gelisah dan sedang diawasi dengan ketat di ibu kota di seluruh dunia. Biden sementara mengungguli Trump dalam perhitungan sementara.
Ekspresi Donald Trump ketika mengunjungi markas kampanyenya di Arlington, Virginia, 3 November 2020. Amerika yang terpecah akan pergi ke tempat pemungutan suara pada hari Selasa di tengah pandemi terburuk dalam satu abad dan krisis ekonomi untuk memutuskan apakah akan memberi Presiden Donald Trump empat tahun lagi atau kirim Demokrat Joe Biden ke Gedung Putih. Jumlah pemungutan suara awal yang memecahkan rekor - lebih dari 100 juta - telah diberikan dalam pemilihan yang membuat negara itu gelisah dan sedang diawasi dengan ketat di ibu kota di seluruh dunia. Biden sementara mengungguli Trump dalam perhitungan sementara. (SAUL LOEB / AFP)

Proyeksi Kemenangan

Lebih jauh, Fox News memproyeksikan, kemenangan Demokrat datang dengan membalik Arizona dan Colorado dari merah menjadi biru.

Perlombaan di Colorado, di mana mantan Gubernur Demokrat John Hickenlooper menggulingkan Senator Cory Gardner dari Partai Republik, merupakan kursi Senat pertama yang diganti pada Selasa malam.

"Lebih banyak orang Coloradans telah memberikan suara dalam pemilihan ini daripada dalam pemilihan mana pun dalam sejarah negara bagian kita," kata Hickenlooper dalam pidato kemenangan.

Tak lama setelah pukul 23.00 malam ET, Fox News memproyeksikan bahwa Demokrat Mark Kelly, mantan astronot NASA, akan mengalahkan Senator Martha McSally, yang diangkat ke kursi pada tahun 2019 untuk menggantikan Senator John McCain di Arizona. 

Baca juga: Profil Kandidat Capres Partai Demokrat Joe Biden, Kekayaan Bersih hingga Karier Politik

Baca juga: 8 Seleb Dunia yang Pilih Dukung Donald Trump daripada Joe Biden, Termasuk Sahabat Kim Jong Un

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berbicara kepada para pemilih saat dia naik kereta mendekati Alliance Train Statio di Alliance, Ohio, pada 30 September 2020
Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berbicara kepada para pemilih saat dia naik kereta mendekati Alliance Train Statio di Alliance, Ohio, pada 30 September 2020 (ROBERTO SCHMIDT / AFP)

Secara terpisah, perubahan besar Partai Republik terjadi di Alabama.

Fox News memproyeksikan, Tommy Tuberville, mantan pelatih sepak bola perguruan tinggi yang didukung oleh Trump, akan mengalahkan Senator Demokrat Doug Jones di negara bagian merah tua.

Jones, Demokrat paling rentan di Senat, memenangkan pemilihan khusus pada tahun 2017 mengalahkan Republikan Roy Moore, yang menghadapi tuduhan pelecehan seksual dengan gadis-gadis remaja.

Kabar baik lainnya bagi Partai Republik, Senator Partai Republik Texas John Cornyn mengalahkan MJ Hegar dari Partai Demokrat, seorang veteran Angkatan Udara.

Senator Iowa Joni Ernst mengalahkan Demokrat Theresa Greenfield, proyeksi Fox News, menutup jalan lain untuk keuntungan biru. 

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas