Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Analisa Pilpres AS: 4 Faktor Kunci di Balik Tumbangnya Donald Trump, sang Petahana

Apa kunci kemenangan putra seorang penjual mobil asal Delaware sehingga bisa mendapat "tiket" masuk ke Gedung Putih?

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Analisa Pilpres AS: 4 Faktor Kunci di Balik Tumbangnya Donald Trump, sang Petahana
Instagram @joebiden @realdonaldtrump
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Pasangan Joe Biden dan Kamala Harris memang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2020.

Setelah hampir 50 tahun memegang jabatan publik, dan ambisi seumur hidup untuk menjadi presiden, Joe Biden akhirnya akan jadi orang no 1 di Amerika Serikat.

Ini bukanlah kampanye yang diprediksi siapa pun. Dan terjadi di tengah pandemi sekali-dalam-satu abad serta kerusuhan sosial yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Ia mencalonkan diri melawan petahana yang tidak konvensional dan menentang preseden.

Tetapi dalam ikhtiar ketiganya untuk menjadi presiden, Biden dan timnya menemukan cara untuk melalui berbagai rintangan politik dan meraih kemenangan yang, meskipun tipis dalam penghitungan suara elektoral, diproyeksikan melampaui perolehan suara nasional Trump hingga jutaan suara.

Bagaimana Biden bisa memenangkan pertarungannya melawan petahana? Apa kunci kemenangan putra seorang penjual mobil asal Delaware sehingga bisa mendapat "tiket" masuk ke Gedung Putih?

1. Kampanye sederhana

BERITA REKOMENDASI

Sepanjang karier politiknya, Biden mendapat reputasi sebagai politikus yang sering salah bicara.

Kesalahan-kesalahan itu menjadi salah satu faktor yang menggagalkan kampanye pemilihan presidennya pada tahun 1987 dan 2008.

Dalam ikhtiar ketiganya untuk Ruang Oval, Biden masih beberapa kali salah omong, tapi kesalahan itu tidak begitu sering sehingga tidak pernah menjadi masalah jangka panjang.

Sebagian dari penjelasan untuk ini, tentu saja, adalah bahwa Presiden Trump sendiri adalah sumber berita yang tak henti-hentinya.

Faktor lain adalah ada cerita yang lebih besar - pandemi virus corona, aksi protes menyusul kematian pria kulit hitam George Floyd, dan masalah ekonomi - yang mendominasi perhatian nasional.

Tetapi setidaknya beberapa pujian perlu diberikan pada strategi kampanye Biden untuk membatasi eksposur kandidat mereka, menjaga tempo dalam kampanye, dan meminimalkan risiko masalah akibat kelelahan atau kecerobohan.

Barangkali dalam situasi pemilihan biasa, ketika kebanyakan rakyat Amerika tidak khawatir akan paparan virus, strategi ini akan menjadi bumerang. Mungkin dalam situasi itu ejekan "hidin 'Biden" dari Trump akan efektif.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas