Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BREAKING NEWS : PM Israel Netanyahu Diam-diam Temui Pangeran Mohammad  bin Salman dan Menlu Pompeo

PM Israel Netanyahu secara rahasia bertemu Pangeran Mohammad bin Salman di kota Neom, Arab Saudi. Turut dalam pertemuan itu Menlu AS Mike Pompeo.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in BREAKING NEWS : PM Israel Netanyahu Diam-diam Temui Pangeran Mohammad  bin Salman dan Menlu Pompeo
Brendan Smialowski / AFP
FOTO: Foto diambil pada 28 Juni 2019, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menghadiri pertemuan pada KTT G20 di Osaka. 

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu disertai kepala intelijen negara itu, dikabarkan secara rahasia terbang ke Arab Saudi, Senin (23/11/2020).

Mereka menemui Pangeran Mohammad bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi. Melu AS Mike Pompeo disebut turut hadir di pertemuan tiga negara itu.

Media Israel Haaretz dan Sputniknews mengabarkan informasi ini di lamannya. Belum ada konfirmasi resmi dari pejabat tiga negara tersebut.

Beberapa tahun lalu, stasiun TV Israel Hadashot mengutip sumbernya mengatakan Benjamin Netanyahu tertarik menormalisasi hubungan formal antara negara Yahudi dan Arab Saudi.

Radio publik Kan Israel dan Radio Angkatan Darat Senin (23/11/2020) turut mengabarkan, Netanyahu diam-diam mengunjungi Neom, kota baru yang dibangun besar-besaran oleh Arab Saudi.

Laporan itu muncul ketika sejumlah reporter Israel, termasuk Barak Ravid, mengklaim dugaan sebuah pertemuan rahasia terjadi di Neom.

Kota baru Arab Saudi ini terletak di tepi Laut merah, beberapa mil dari perbatasan selatan Israel. Setelah berada skeitar 5 jam di Neom, Netanyahu terbang kembali ke Tel Aviv.

BERITA REKOMENDASI

Pemerintah Israel dan Kedutaan Besar AS di Yerusalem belum mengomentari laporan tersebut. Kantor Berita Saudi (SPA) pada September mengumumkan kerajaan mengizinkan "semua negara" untuk terbang di atas wilayahnya dalam perjalanan ke dan dari Uni Emirat Arab ( UEA).

Kabar inui muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan keyakinannya ada lebih banyak negara Arab yang diyakini AS bersedia menormalisasi hubungan politik dengan Israel.

September lalu, penerbangan komersial Israel melintasi wilayah Saudi menuju Abu Dhabi. Pesawat terbang itu membawa delegasi AS dan Israel untuk kunjungan resmi mereka ke UEA.

Langkah Saudi mengizinkan penerbangan Israel melintasi wilayah mereka secara cepat dipuji Israel sebagai anugerah.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memujinya sebagai "terobosan luar biasa" yang akan membuat perjalanan lebih murah dan lebih pendek.

Koridor itu itu akan meningkatkan pariwisata dan meningkatkan ekonomi.  Pada Agustus, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia yakin aka nada keputusan penting dari Arab Saudi.

Negara itu akan menjadi negara berikutnya yang bergabung dengan kesepakatan damai baru-baru ini antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA).

Trump menekankan kesepakatan yang baik adalah kesepakatan yang mereka buat dengan UEA dan Israel. Ia menegaskan negara-negara lain ingin mencapai kesepakatan itu, kemudian mengklarifikasi dia membayangkan Arab Saudi mengikuti tuntutan tersebut.

Kalangan intelijen Israel pernah mengakui Israel memiliki kontak dengan Arab Saudi yang dirahasiakan secara umum.

Hal ini terjadi ketika Kepala Staf Angkatan Pertahanan Israel Gadi Eisenkot mengungkapkan negaranya siap berbagi intelijen dengan Riyadh untuk menghadapi Iran.

Israel selalu menganggap Iran adalah ancaman terbesar. Demikian pula Arab Saudi menganggap Iran juga musuh terbesar di kawasan.(Tribunnews.com/Haaretz/Sputniknews/xna)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas