Tribun

BREAKING NEWS : PM Israel Netanyahu Diam-diam Temui Pangeran Mohammad  bin Salman dan Menlu Pompeo

PM Israel Netanyahu secara rahasia bertemu Pangeran Mohammad bin Salman di kota Neom, Arab Saudi. Turut dalam pertemuan itu Menlu AS Mike Pompeo.

Editor: Setya Krisna Sumarga
BREAKING NEWS : PM Israel Netanyahu Diam-diam Temui Pangeran Mohammad  bin Salman dan Menlu Pompeo
Brendan Smialowski / AFP
FOTO: Foto diambil pada 28 Juni 2019, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menghadiri pertemuan pada KTT G20 di Osaka. 

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu disertai kepala intelijen negara itu, dikabarkan secara rahasia terbang ke Arab Saudi, Senin (23/11/2020).

Mereka menemui Pangeran Mohammad bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi. Melu AS Mike Pompeo disebut turut hadir di pertemuan tiga negara itu.

Media Israel Haaretz dan Sputniknews mengabarkan informasi ini di lamannya. Belum ada konfirmasi resmi dari pejabat tiga negara tersebut.

Beberapa tahun lalu, stasiun TV Israel Hadashot mengutip sumbernya mengatakan Benjamin Netanyahu tertarik menormalisasi hubungan formal antara negara Yahudi dan Arab Saudi.

Radio publik Kan Israel dan Radio Angkatan Darat Senin (23/11/2020) turut mengabarkan, Netanyahu diam-diam mengunjungi Neom, kota baru yang dibangun besar-besaran oleh Arab Saudi.

Laporan itu muncul ketika sejumlah reporter Israel, termasuk Barak Ravid, mengklaim dugaan sebuah pertemuan rahasia terjadi di Neom.

Kota baru Arab Saudi ini terletak di tepi Laut merah, beberapa mil dari perbatasan selatan Israel. Setelah berada skeitar 5 jam di Neom, Netanyahu terbang kembali ke Tel Aviv.

Pemerintah Israel dan Kedutaan Besar AS di Yerusalem belum mengomentari laporan tersebut. Kantor Berita Saudi (SPA) pada September mengumumkan kerajaan mengizinkan "semua negara" untuk terbang di atas wilayahnya dalam perjalanan ke dan dari Uni Emirat Arab ( UEA).

Kabar inui muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan keyakinannya ada lebih banyak negara Arab yang diyakini AS bersedia menormalisasi hubungan politik dengan Israel.

September lalu, penerbangan komersial Israel melintasi wilayah Saudi menuju Abu Dhabi. Pesawat terbang itu membawa delegasi AS dan Israel untuk kunjungan resmi mereka ke UEA.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas