Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Terpilih AS Joe Biden segera Umumkan Kabinetnya

Presiden AS terpilih Joe Biden segera mengumumkan nama pertama yang dia pilih sebagai kabinetnya pada Selasa (24/11/2020).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Presiden Terpilih AS Joe Biden segera Umumkan Kabinetnya
Angela Weiss / AFP
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden segera mengumumkan nama pertama yang dia pilih sebagai kabinetnya pada Selasa (24/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden segera mengumumkan nama pertama yang dia pilih sebagai kabinetnya pada Selasa (24/11/2020).

Kepala Staf Gedung Putih yang baru, Ron Klain mengatakan, Biden juga berencana membuat upacara pelantikan dengan sederhana dan skala lebih kecil karena resiko penyebaran Covid-19.

Sebagai tanda tim transisi Biden maju dengan cepat, Ron Klain mengatakan, pelantikan kabinet bergerak lebih cepat daripada dua pemerintahan sebelumnya.

"Anda akan melihat pemilihan kabinet pertama Selasa ini (24/11/2020)," papar Ron Klain kepada ABC.

Baca juga: Vladimir Putin Ungkap Belum Siap Akui Joe Biden sebagai Presiden AS

Baca juga: Siap Kerjasama dengan Siapapun Presiden AS, Tapi Putin Belum Ucapkan Selamat ke Joe Biden

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden segera mengumumkan nama pertama yang dia pilih sebagai kabinetnya pada Selasa (24/11/2020).
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden segera mengumumkan nama pertama yang dia pilih sebagai kabinetnya pada Selasa (24/11/2020). (Angela Weiss / AFP)

Tapi, kata Ron Klain, jika ingin tahu siapa saja yang ditunjuk, "Anda harus menunggu Presiden terpilih (Joe Biden) mengumumkan itu sendiri pada Selasa".

Antony Blinken, diplomat yang menjabat sebagai orang nomor 2 di Departemen Luar Negeri dan Wakil Penasihat Keamanan Nasional dalam pemerintahan Obama, disebut sebagai pilihan Joe Biden.

Kandidat Pilihan Joe Biden

BERITA REKOMENDASI

Menurut laporan New York Times dan Reuters pada Minggu malam (22/11/2020), Blinken merupakan nama yang paling mungkin menjadi Menteri Luar Negeri AS.

Kabar ini meluas setelah Biden mengatakan, dia telah memilih Menteri Keuangan AS pada Kamis (19/11/2020).

Kala itu, Biden mengisyaratkan bahwa pilihannya akan diterima oleh semua elemen Partai Demokrat.

Mengutip The Guardian, Ron Klain menegaskan lagi bahwa proses transisi pemerintahan Biden bergerak "pada kecepatan yang tercatat rekor".

Meski seperti diketahui, sampai saat ini Presiden AS ke-45 Donald Trump masih berjuang dengan gugatan hukum atas Pilpres 2020.

Ron Klaim menambahkan, Biden dan Wakil Presiden AS Terpilih Kamala Harris sampai saat ini belum mendapat akses untuk pengarangan intelijen, data virus corona atau pemeriksaan latar belakang calon kabinet dan mengkritik pejabat administrasi layanan umum (GSA) AS Emil Murphy yang menunda kepastian kemenangan Biden.

Klain mengatakan presiden “jelas telah membatalkan norma demokrasi di Amerika Serikat. Dia telah melakukan itu selama empat tahun dan itu meningkat sejak pemilihan."

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas