Tribun

Pengakuan AS Atas Sahara Barat Jadi Konsesi Perdamaian Maroko-Israel

Konsesi politik ini memberi solusi perselisihan teritorial puluhan tahun Maroko melawan kelompok Front Polisario yang didukung Aljazair.

Editor: Setya Krisna Sumarga
Pengakuan AS Atas Sahara Barat Jadi Konsesi Perdamaian Maroko-Israel
Wall Street International Magazine
Marrakesh, Maroko. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Presiden AS Donald Trump mengumumkan lewat akun Twitternya, pemerintah Maroko mencapai persetujuan menormalkan hubungan dengan Israel.

Dikutip dari Aljazeera.com, sebagai bagian perjanjian, Presiden AS Donald Trump setuju untuk mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat.

Baca juga: BREAKING NEWS : Presiden Trump Umumkan Maroko Sepakat Normalkan Hubungan dengan Israel

Baca juga: Maroko Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Konsesi politik ini memberi solusi perselisihan teritorial puluhan tahun Maroko melawan kelompok Front Polisario yang didukung Aljazair.

Front Polisario merupakan gerakan memisahkan diri yang berupaya untuk mendirikan sebuah negara merdeka, terpisah dari Maroko.

“Another HISTORIC breakthrough today! Our two GREAT friends Israel and the Kingdom of Morocco have agreed to full diplomatic relations – a massive breakthrough for peace in the Middle East!” tulis Trump di akun Twitternya, Kamis (10/12/2020) jelang siang waktu Washington.

Menurut Trump, kesepakatan damai Maroko-Israel ini merupakan langkah penting perdamaian di kawasan Timur Tengah. Maroko kini menyusul Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan.

Maroko adalah negara keempat sejak Agustus yang mencapai kesepakatan yang bertujuan untuk menormalkan hubungan dengan Israel.

Warga Palestina telah mengkritik kesepakatan normalisasi, dengan mengatakan negara-negara Arab meninggalkan proposal lama agar Israel menyerahkan wilayah Palestina merdeka sebelum dapat menerima pengakuan.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Maroko akan menjalin hubungan diplomatik penuh dan melanjutkan kontak resmi dengan Israel.

Mereka menyediakan jalur penerbangan ekstra, dan juga penerbangan langsung ke dan dari Israel untuk semua orang Israel.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas