Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Filipina Perluas Larangan Perjalanan untuk Batasi Penyebaran Varian Baru Virus Corona

Kementerian Transportasi Filipina pada Selasa (29/12/2020) menerangkan, ini merupakan langkah untuk mencegah penyebaran varian baru virus corona.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Gigih
zoom-in Filipina Perluas Larangan Perjalanan untuk Batasi Penyebaran Varian Baru Virus Corona
The Scotsman
ILUSTRASI varian baru virus corona. Filipina melarang Warga Negara Asing (WNA) atau pelancong dari 19 negara hingga pertengahan Januari 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Filipina melarang Warga Negara Asing (WNA) atau pelancong dari 19 negara hingga pertengahan Januari 2021.

Kementerian Transportasi Filipina pada Selasa (29/12/2020) menerangkan, kebijakan ini merupakan langkah untuk mencegah penyebaran varian baru virus corona.

Peraturan ini berlaku mulai tengah malam pada 29 Desember 2020-15 Januari 2021.

Dalam pesan teks grup yang dibagikan Kementerian Transportasi Filipina disebutkan, larangan tersebut mencakup warga Filipina dan orang asing yang datang dari negara yang tandai.

Dikutip dari Reuters, sebelumnya Filipina memberlakukan dan memperpanjang larangan penerbangan dari Inggris hingga pertengahan Januari 2021 karena varian baru virus corona lebih menular dari yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

Baca juga: Media Jerman Klaim Varian Baru Virus Corona Muncul di Berlin Sejak November 2020

Baca juga: Varian Baru Covid-19, Kemenparekraf Tunggu Informasi dari Kemenkes Sebelum Terapkan Langkah Adaptasi

ILUSTRASI varian baru virus corona. Filipina melarang Warga Negara Asing (WNA) atau pelancong dari 19 negara hingga pertengahan Januari 2021.
ILUSTRASI varian baru virus corona. Filipina melarang Warga Negara Asing (WNA) atau pelancong dari 19 negara hingga pertengahan Januari 2021. (The Scotsman)

Para ilmuwan Inggris menyebut varian baru virus corona itu dengan "VUI-202012/01, telah menyebabkan kekhawatiran setelah Covid-19 menewaskan lebih dari 1,7 juta jiwa di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 470.000 infeksi dan 9.124 kematian, Filipina memiliki jumlah kasus dan korban Covid0-`9 terparah kedua di Asia Tenggara, setelah Indonesia.

BERITA TERKAIT

Saat ini, varian baru virus corona belum terdeteksi di Filipina.

Pejabat kesehatan Filipina menegaskan, larangan perjalanan dapat diperluas untuk mencakup lebih banyak negara jika mereka melaporkan keberadaan varian baru virus corona.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Belum Terdeteksi Masuk ke Indonesia, Menkes Siapkan Langkah Koordinatif

Tak Hanya Filipina, Indonesia Juga Tutup Pintu bagi WNA

Indonesia menempati posisi pertama di kawasan Asia Tenggara dengan total kasus terbanyak.

Negara yang menempati posisi ke-20 dengan total infeksi terparah secara global dilaporkan menutup sementara masuknya Warga Negara Asing (WNA) tanggal 1-14 Januari 2021.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/12/2020).

“Rapat Kabinet Terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara, saya ulangi, untuk menutup sementara dari tanggal 1-14 Januari 2021 masuknya Warga Negara Asing atau WNA dari semua negara ke Indonesia,” ujar Retno dilansir setkab.go.id.

Baca juga: Menkes Kerahkan 12 Laboratorium untuk Deteksi Varian Baru Virus Corona 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/12/2020).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/12/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Retno menyebut kebijakan ini memiliki pengecualian.

Yaitu bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri ke atas dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Keputusan ini diambil pemerintah Indonesia sebagai tindak lanjut adanya varian baru virus Covid-19.

"Saat ini telah muncul pemberitaan mengenai strain baru virus COVID-19 yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat," ungkap Retno.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani/Gilang)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas