Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ivanka Trump Sebut Perusuh di Capitol AS sebagai Patriot Amerika

Putri Donald Trump, Ivanka lewat cuitan Twitter menyebut massa pro-Trump yang menyerbu Gedung Kongres Amerika atau Capitol AS sebagai 'patriot'.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Ivanka Trump Sebut Perusuh di Capitol AS sebagai Patriot Amerika
Patrick Semansky / AP/The Guardian
Putri Donald Trump, Ivanka menyebut massa pro-Trump yang menyerbu Gedung Kongres Amerika atau Capitol AS sebagai 'patriot'. 

TRIBUNNEWS.COM - Putri Donald Trump, Ivanka menyebut massa pro-Trump yang menyerbu Gedung Kongres Amerika atau Capitol AS sebagai 'patriot'.

Pernyataan Ivanka dibagikan lewat cuitan Twitter yang kemudian dia hapus karena keadaan berubah menjadi buruk.

Mengutip Mirror, kerusuhan yang berlangsung saat Parlemen mengesahkan suara Electoral College pada Rabu (6/1/2021) menewaskan empat orang.

Ivanka yang merupakan putri tertua dan penasihat Presiden menulis "Patriot Amerika, setiap pelanggaran keamanan atau tidak menghormati penegak hukum, kita tidak dapat diterima. Kekerasan harus segera dihentikan. Harap damai".

Baca juga: Potret Wanita Pendukung Trump yang Rela Terbang Pakai Jet Pribadi Demi Ikut Aksi di Capitol

Baca juga: Buntut Kerusuhan, Polisi Capitol AS Meninggal Akibat Bentrok dengan Pendukung Donald Trump

utri Donald Trump, Ivanka menyebut massa pro-Trump yang menyerbu Gedung Kongres Amerika atau Capitol AS sebagai 'patriot'.
Putri Donald Trump, Ivanka menyebut massa pro-Trump yang menyerbu Gedung Kongres Amerika atau Capitol AS sebagai 'patriot'. (Patrick Semansky / AP/The Guardian)

Namun, Ivanka gagal meminta massa pro-Trump untuk berhenti menggelar aksinya atau meninggalkan Gedung Capitol AS.

Ketika disinggung soal penggunaan kata 'patriot', Ivanka menjelaskan kepada 10 juta pengikutnya "Tidak. Protes damai adalah patriotik. Kekerasan tidak dapat diterima dan harus dikutuk dengan keras".

Cuitan pertama Ivanka disebut-sebut telah memicu kemarahan koresponden Gedung Putih April Ryan yang mengatakan "kata-kata Ivanka membuatnya terlibat dalam kekerasan yang terjadi di Capitol".

April lantas me-retwit tangkap layar cuitan awal Ivanka, dengan menambahkan "Kami selalu diberi tahu bahwa @IvankaTrump akan menjadi 'suara nalar' bagi ayahnya. Sebaliknya, dia sama-sama terlibat".

BERITA TERKAIT

"Anda dapat menghapus twit, tetapi Anda menyebut perusuh "American Patriots" takkan terlupakan," tambah April.

Twit Ivanka yang dihapus dibagikan tak lama setelah ayahnya, Donald Trump mendorong para perusuh untuk "tetap damai" dan "tolong dukung Polisi Capitol dan Penegakan Hukum".

Baca juga: Seorang Polisi Capitol Tewas setelah Terjadinya Kerusuhan Pro-Trump

Baca juga: Dianggap Tak Bisa Kendalikan Massa Trump, Kepala Kepolisian Capitol AS Mengundurkan Diri

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump datang untuk berbicara kepada pendukungnya di Ellipse, sebuah taman di dekat Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Brendan Smialowski
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump datang untuk berbicara kepada pendukungnya di Ellipse, sebuah taman di dekat Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Brendan Smialowski (AFP/Brendan Smialowski)

Di Tengah Kontroversi, Ivanka Trump Unggah Cuitan Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk sang Adik

Sementara kerusuhan berlangsung di Capitol AS, Ivanka mengunggah cuitan pesan ulang tahun untuk saudaranya Eric Trump yang berusia 37 tahun.

Tepat sebelum pukul 18.00 waktu setempat, Ivanka menulis "Selamat Ulang Tahun @erictrump Aku mencintaimu dan sangat bersyukur selalu memiliki kamu di sisiku!".

Ivanka Trump juga mengunggah foto dirinya dengan Eric Trump.

Satu di antara pengguna Twitter menyuruh Ivanka untuk membaca situasi sementara yang lain berkomentara "tidak tepat waktu bukan?".

Baca juga: Facebook Perpanjang Blokir Akun Donald Trump 2 Minggu karena Rusuh di Capitol Hill

Baca juga: Detik-detik Kerusuhan di Gedung Capitol AS yang Menewaskan 4 Pendukung Donald Trump

Pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan demonstrasi di luar Gedung Kongres US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Alex Edelman
Pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan demonstrasi di luar Gedung Kongres US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Alex Edelman (AFP/Alex Edelman)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas