Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

8 Momen Penting dari Pelantikan Presiden Joe Biden: Pembacaan Sumpah hingga Penampilan Para Bintang

Berikut adalah momen kunci acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden AS Joe Biden-Kamala Harris, termasuk sebelum dan pasca acara.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Gigih
zoom-in 8 Momen Penting dari Pelantikan Presiden Joe Biden: Pembacaan Sumpah hingga Penampilan Para Bintang
SAUL LOEB / POOL / AFP
Joe Biden (Kiri), didampingi oleh Ibu Negara AS yang baru, Jill Biden, dilantik sebagai Presiden AS ke-46 oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelantikan Presiden ke-46 Amerika Serikat Joe Biden, berlangsung berbeda dibandingan pelantikan-pelantikan sebelumnya.

Presiden terdahulu, Donald Trump memilih untuk tidak menghadiri acara penerusnya, peristiwa yang baru pertama kali terjadi dalam 150 tahun.

Tidak ada pula ritual di mana presiden lama dan presiden baru bersama pasangannya bertemu di Portico Utara Gedung Putih dan kemudian menaiki limusin bersama ke upacara pelantikan.

Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, peserta pelantikan, termasuk anggota parlemen dan mantan Presiden Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama, diharuskan memakai masker akibat pandemi COVID-19.

Selain itu, akibat kerusuhan yang terjadi di Capitol dua minggu sebelumnya, beberapa peserta bahkan mengenakan pelindung tubuh untuk menghindari insiden yang tak diinginkan.

Dilansir ABC News, berikut adalah momen kunci acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden AS Joe Biden-Kamala Harris, termasuk sebelum dan pasca acara.

Baca juga: Prioritas Utama Joe Biden setelah Resmi Menjabat sebagai Presiden Amerika ke-46: Penanganan Covid-19

Baca juga: Reaksi 23 Pemimpin Dunia Ketika Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS ke-46 Gantikan Donald Trump

1. Donald Trump Meninggalkan Gedung Putih untuk Terakhir Kalinya

Donald Trump melambaikan tangan saat dia menaiki Marine One di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021.
Donald Trump melambaikan tangan saat dia menaiki Marine One di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021. (MANDEL NGAN / AFP)
BERITA TERKAIT

Donald Trump tidak mengundang Biden ke Gedung Putih sebelum upacara pelantikan.

Trump meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya pada Rabu pagi, sebelum pelantikan, bersama ibu negara Melania Trump.

Keluarga Trump bertepuk tangan ia menaiki Air Force One untuk terakhir kalinya.

Ia terbang ke Bandara Internasional Palm Beach, di mana para pendukungnya berbaris di jalan untuk menunjukkan dukungan saat ia menuju Mar-a-Lago.

Presiden ke-45 memang meninggalkan catatan untuk ke-46, meskipun ada spekulasi bahwa dia mungkin akan melupakan tradisi itu juga.

2. Joe Biden, Kamala Harris Disumpah

Joe Biden (Kiri), didampingi oleh Ibu Negara AS yang baru, Jill Biden, dilantik sebagai Presiden AS ke-46 oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC.
Joe Biden (Kiri), didampingi oleh Ibu Negara AS yang baru, Jill Biden, dilantik sebagai Presiden AS ke-46 oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts pada 20 Januari 2021, di Capitol AS di Washington, DC. (SAUL LOEB / POOL / AFP)

Kamala Harris, wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang pernah menjabat sebagai wakil presiden, dilantik oleh Hakim Sonia Sotomayor, anggota pertama Mahkamah Agung Latin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas