Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasca-Kemunculan Pertama Jack Ma setelah Disebut Menghilang, Saham Alibaba Melonjak Drastis

Jack Ma muncul pertama kali, Rabu (20/1/2021), setelah dikabarkan menghilang sekian lama. Saham Alibaba di Hong Kong pun melonjak drastis.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Pasca-Kemunculan Pertama Jack Ma setelah Disebut Menghilang, Saham Alibaba Melonjak Drastis
via Global Times
Jack Ma muncul dalam sebuah video online, Rabu (20/1/2021). Dalam video ini, Ma tampak berbicara pada guru-guru di pedesaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah dikabarkan menghilang selama berbulan-bulan, pendiri Alibaba, Jack Ma, muncul di hadapan publik, Rabu (20/1/2021).

Jack Ma muncul dalam sebuah video yang diterbitkan oleh media pemerintah China.

Dalam video itu, Ma tampak berbicara kepada guru di pedesaan di Tongkok, sebagai bagian dari acara filantropi.

Jack Ma muncul dalam sebuah video online, Rabu (20/1/2021). Dalam video ini, Ma tampak berbicara pada guru-guru di pedesaan.
Jack Ma muncul dalam sebuah video online, Rabu (20/1/2021). Dalam video ini, Ma tampak berbicara pada guru-guru di pedesaan. (via Global Times)

Dikutip Tribunnews dari CNN, video tersebut dipublikasikan secara online oleh Tianmu News, anak perusahaan dari surat kabar resmi pemerintah Zhejiang.

Diketahui, Provinsi Zhejiang merupakan rumah bagi Huangzhou, kota tempat Alibaba bermarkas.

Baca juga: BREAKING NEWS: Jack Ma Akhirnya Muncul di Hadapan Publik Setelah Dikabarkan Hilang

Baca juga: Jack Ma Menghilang, Pemerintah China Dikabarkan Akan Mengambilalih Asetnya

Ma tidak muncul di depan publik atau mengunggah di media sosial sejak akhir Oktober, lebih dari seminggu sebelum afiliasi keuangan Alibaba, Ant Group, dijadwalkan untuk mendaftar bursa saham Shanghai dan Hong Kong.

IPO diblokir pada menit terakhir oleh regulator China, sejak itu perusahaannya menjadi sasaran Beijing sebagai bagian dari tindakan keras yang meningkat terhadap teknologi.

BERITA REKOMENDASI

Pasca-kemunculan Ma pertama di hadapan publik setelah 'menghilang', saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong melonjak drastis, lebih dari sembilan persen pada Rabu, setelah video itu dipublikasikan.

Kenaikan itu tercatat sebagai hari terbaik Alibaba sejak Juli lalu, membantu menghapus beberapa kerugian yang telah menumpuk sejak IPO Ant Group ditarik.

Saham tersebut juga mendukung reli lebih luas di saham teknologi China yang diperdagangkan di Hong Kong.

Baca juga: Tak Terlihat Sejak Oktober Usai Kritik Pemerintah, Jack Ma Sembunyi atau Sudah Tinggalkan China?

Baca juga: Narasumber dari Alibaba: Jack Ma Hanya Menghindari Tampil di Publik dan Tak Hilang atau Ditahan

Pada Rabu, Alibaba meminta CNN untuk menanyakan soal Ma pada Jack Ma Foundation, organisasi filantropisnya, ketika dihubungi untuk dimintai komentar.

Yayasan itu mengatakan Ma berpartisipasi dalam upacara penghargaan online untuk guru yang disebut inisiatif Guru Pedesaan, yang dibuatnya.


Ma, mantan guru bahasa Inggris, menjadikan pendidikan sebagai prioritas untuk yayasannya, yang telah ia curahkan lebih banyak waktu sejak pensiun dari Alibaba pada 2019.

Dalam video, yang dikatakan Tianmu News direkam Rabu pagi, Ma diperlihatkan memberi tahu para guru bahwa perayaan tradisional secara langsung untuk inisiatif mengajar telah dibatalkan karena Covid-19.

Jack Ma, salah satu pendiri dan mantan ketua eksekutif Alibaba Group, berbicara dalam Forbes Global CEO Conference di Singapura pada 15 Oktober 2019.
Jack Ma, salah satu pendiri dan mantan ketua eksekutif Alibaba Group, berbicara dalam Forbes Global CEO Conference di Singapura pada 15 Oktober 2019. (Roslan RAHMAN / AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas