Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

China Andalkan Rudal Balistik JL-3 yang Bisa Jangkau Benua Amerika dari Kapal Selam

JL-3, rudal balistik terbaru China diproyeksikan sepenuhnya terintegrasi armada kapal kapal selam China di 2025.

China Andalkan Rudal Balistik JL-3 yang Bisa Jangkau Benua Amerika dari Kapal Selam
SCMP/Handout
Rudal JL-3 diluncurkan dari kapal selam China saat uji tembak yang tidak disebutkan waktunya. Rudal balistik ini memiliki jangkauan lebih dari 10.000 kilometer. 

TRIBUNNEWS.COM, HONGKONG – Militer China menyelesaikan uji tembak peluru kendali balistik JL-3 yang bisa diluncurkan dari kapal selam tercanggih negara itu.

Kemampuan rudal ini dapat menempatkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dalam jarak yang sangat jauh dari benua AS.

Laporan ini ditulis jurnalis spesialis keamanan dan militer South China Morning Post (SCMP), Kristin Huang, Minggu (24/1/2021).

Rudal ini menjadi elemen penting kemampuan militer China merespon serangan asing.

Rudal ini sudah diuji tembak tiga kali, tetapi sejauh ini militer China tidak memberi pernyataan apa-apa terkait arsenal baru itu.

JL-3, rudal jarak jauh yang diluncurkan kapal selam paling canggih di negara itu, diproyeksikan akan sepenuhnya terintegrasi kapal selam generasi penerus PLA pada 2025.

Tetapi China belum secara resmi mengonfirmasi informasi ini. Senjata ini sebaliknya juga membawa tentara China mendekati benua AS menggunakan kapal selam.

Para pengamat mengatakan kehadiran rudal balistik itu memberi China efek pencegahan nuklir yang kredibel dan kekuatan serangan kedua terhadap saingannya.

Ketika JL-3 dioperasikan di kapal selam China, rudal itu dapat mengirimkan banyak hulu ledak, termasuk hulu ledak  nuklir. Jangkauan rudalnya lebih dari 10.000 km (6.200 mil).

Deteksi dini ini disimpulkan Pusat Intelijen Udara dan Luar Angkasa Nasional Angkatan Udara AS (Nasic) dalam laporan Ancaman Rudal Balistik dan Jelajah, yang dirilis bulan ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Setya Krisna Sumarga
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas