Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pejabat Kesehatan Minnesota Temukan Kasus Covid-19 Pertama di AS yang Berasal dari Brasil

Departemen Kesehatan negara bagian Minnesota AS mengumumkan pada hari Senin kemarin mereka mendeteksi varian baru virus Covid-19 berasal dari Brasil.

Pejabat Kesehatan Minnesota Temukan Kasus Covid-19 Pertama di AS yang Berasal dari Brasil
CNN
Ilustrasi Coronavirus. Setelah 7 karyawan sebuah pusat grosir di Sleman Yogyakarta positif covid-19, pengunjung lakukan tes rapid massal. 

TRIBUNNEWS.COM, MINNESOTA - Departemen Kesehatan negara bagian Minnesota (MDH) Amerika Serikat (AS) mengumumkan pada hari Senin kemarin mereka telah mendeteksi varian baru virus corona (Covid-19) yang berasal dari Brasil.

Virus ini tersebar di Brasil dalam beberapa pekan terakhir dan disebut sangat menular.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (26/1/2021), kasus ini merupakan kasus yang pertama kali terdeteksi di AS dan terjadi pada hari yang sama saat Presiden AS Joe Biden memperpanjang kebijakan pembatasan perjalanan bagi wisatawan dari beberapa negara, termasuk Brasil.

Padahal kebijakan ini hendak diakhiri oleh Presiden AS sebelumnya, Donald Trump dalam perintah eksekutifnya saat menit-menit terakhir masa pemerintahannya.

Baca juga: Brasil Beri Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac dan AstraZeneca

Menurut rilis berita yang beredar pada Senin kemarin, MDH mendeteksi varian Brasil P.1 dalam spesimen dari warga Minnesota dengan riwayat baru saja melakukan perjalanan ke Brasil.

Orang tersebut dilakukan tes pada 9 Januari lalu dan telah diisolasi sejak saat itu.

Pada hari Minggu lalu, mantan Komisaris Makanan dan Obat-obatan AS Dr Scott Gottlieb mengatakan bahwa ia 'cukup yakin' strain P.1 sudah tersebar di AS.

"Saya pikir kita harus menganggapnya ada di sini. Dan saya merasa cukup yakin bahwa virus itu ada di sini dan kami belum mendeteksinya," kata Gottlieb kepada CBS Face the Nation.

Ia mencatat, pejabat AS mulai melakukan penelusuran terkait varian baru virus ini sejak beberapa pekan lalu.

Baca juga: Dunia Sepak Bola Berduka, Pesawat yang Ditumpangi Presiden Klub Asal Brasil, Palmas FR Kecelakaan

Sementara itu pada pekan lalu, Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang mencabut pembatasan perjalanan yang diberlakukan kepada wisatawan dari Brasil, Inggris, dan Uni Eropa (UE) yang efektif berlaku pada 26 Januari 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas