Tribun

Pelantikan Presiden AS

Senat Amerika Serikat Bakal Restui Antony Blinken Jadi Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Joe Biden

Senat Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan memberikan persetujuan kepada diplomat Antony Blinken menjadi Menteri Luar Negeri

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
Senat Amerika Serikat Bakal Restui Antony Blinken Jadi Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Joe Biden
STEPHANE DE SAKUTIN AFP/File
Antony Blinken 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Senat Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan memberikan persetujuan kepada diplomat Antony Blinken menjadi Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Presiden Joe Biden, Selasa (26/1/2021).

Persetujuan ini akan diberikan kepada Blinken setelah Komite Hubungan Luar Negeri Senat  mendukung pengangkatannya, demikian dilansir Reuters, Selasa (26/1/2021).

Setelah pemungutan suara 15-3 oleh komite, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer mengatakan Senat secara penuh akan memberikan suara persetujuan pada Blinken pada selasa siang.

Meskipun tiga suara tidak memberikan dukungan yang berasal dari Partai Republik, Blinken diperkirakan akan tetap mendapat persetujuan dengan dukungan bipartisan yang kuat.

Banyak anggota parlemen, termasuk beberapa partai Republik, mengatakan mereka ingin tim keamanan nasional Biden secepatnya terisi.

Baca juga: Biden Pecat Dokter Kepresidenan yang Kontroversial di Era Trump

"Dunia sedang membara saat ini, dengan krisis di setiap wilayah dan belahan bumi," kata Senator Bob Menendez, petinggi dari Partai Demokrat di panel hubungan luar negeri, yang akan menjadi ketuanya.

Saat ini, Daniel Smith, mantan direktur Institut Layanan Luar Negeri (FSI), menjabat sebagai penjabat Menteri Luar Negeri.

Blinken adalah orang lama yang menjadi kepercayaan Biden telah dikonfirmasi oleh Senat AS sebelumnya, menjadi orang nomor 2 di Departemen Luar Negeri selama pemerintahan mantan Presiden Demokrat Barack Obama, ketika Biden menjabat sebagai wakil presiden.

Baca juga: Joe Biden dan Mimpi Amerika

Senat AS terdiri dari 100 anggota dibagi 50-50 antara Partai Demokrat dan Republik. Tetapi Senat AS dikendalikan oleh Partai Demokrat, pengusung Biden.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas