Tribun

Presiden Baru Amerika

Biden Tegaskan Komitmen AS dengan Jepang, Termasuk Pulau yang Diklaim China

Pembicaraan Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis (28/1/2021) soal komitmen Amerika Serikat dengan Jepang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Biden Tegaskan Komitmen AS dengan Jepang, Termasuk Pulau yang Diklaim China
Kolase Biden-Suga via AFP
Kolase Foto Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. Pembicaraan Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis (28/1/2021) soal komitmen Amerika Serikat dengan Jepang. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden berbicara dengan Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis (28/1/2021).

Biden menegaskan kembali komitmen AS dengan Jepang serta mempertahankan pulau yang diklaim China.

"Para pemimpin membahas komitmen AS untuk pertahankan Jepang di bawah Pasal 5 perjanjian keamanan kami, yang mencakup Kepulauan Senkaku," papar Gedung Putih.

Mengutip Forbes, di Jepang, pulau-pulau tak berpenghuni dan terpencil itu dikenal sebagai Senkakus, sementara China menyebutnya Pulau Diaoyus.

Perebutan wilayah ini telah menjadi fokus sengketa teritorial yang berlangsung lama antara dua raksasa ekonomi terbesar di Asia tesebut.

Baca juga: Trump Lengser, Biden akan Hentikan Penjualan Senjata AS ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab

Baca juga: Prefektur Tottori di Jepang Disebut-sebut Nol Kasus Covid-19, Ini Faktanya

Foto PM Jepang Yoshihide Suga. Terbaru, Pembicaraan Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis (28/1/2021) soal komitmen Amerika Serikat dengan Jepang.
Foto PM Jepang Yoshihide Suga. Terbaru, Pembicaraan Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis (28/1/2021) soal komitmen Amerika Serikat dengan Jepang. (Foto Asahi)

Meski satu-satunya bangunan di pulau-pulau tersebut adalah mercusuar tak beragak, penjaga pantai Jepang berpatroli di perairan sekitar pulau dan kerap menemukan kapal-kapal China berusaha mengklaim pulau tersebut.

Saat mantan Presiden AS ke-45 Donald Trump menarik diri dari hubungan multilateral, di bawah agenda America First, sekutu AS di kawasan itu mempertanyakan komitmen Washington terhadap aliansi pertahannnya.

Sementara itu, China masih berusaha untuk mengklaim perbatasan maritimnya dengan Jepang.

Setelah panggilan telepon tersebut, Suga mengatakan kepada wartawan, "Saya ingin memperdalam hubungan pribadi dengan Presiden Biden dan bekerja untuk memperkuat aliansi Jepang-AS."

Panggilan Telepon Pertama Biden sebagai Presiden

Kedua pemimpin berbicara pada Kamis dini hari waktu Jepang.

Itu adalah panggilan telepon pertama di antara mereka sejak pelantikan Biden pekan lalu.

Biden dan Suga juga setuju bekerja sama untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta "denuklirisasi lengkap" Korea Utara.

Secara terpisah pada Rabu (26/1/2021), Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas