Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Poin-poin Penting Sidang Pemakzulan Kedua Donald Trump Hari Pertama

Berikut ini Tribunnews rangkum beberapa poin yang perlu diketahui tentang proses pemakzulan Donald Trump di hari pertama.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Ini Poin-poin Penting Sidang Pemakzulan Kedua Donald Trump Hari Pertama
ALEX EDELMAN / AFP
Donald Trump melambai setelah mendarat di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, pada 20 Januari 2021. Terbaru, Ini Poin-poin Penting Sidang Pemakzulan Kedua Donald Trump Hari Pertama 

TRIBUNNEWS.COM - Senat Amerika Serikat (AS) memulai sidang pemakzulan pada Selasa (9/2/2021) atau Rabu (10/2/2021) dini hari WIB akan dilanjutkan hingga tercapai keputusan akhir.

Perdebatan tentang konstitusionalitas persidangan membuka jalannya acara tersebut.

Setelah debat yang panjang, Senat memutuskan bahwa persidangan tersebut konstitusional dengan hasil pemungutan suara terkumpul 56-44.

Dibutuhkan dua pertiga mayoritas untuk memberikan hukuman kepada Trump.

Ada enam senator Republik yang menolak mosi bahwa persidangan pemakzulan Trump tidak konstitusional karena dia bukan lagi presiden.

Baca juga: CEK FAKTA Sidang Pemakzulan Mantan Presiden AS Donald Trump di Hari Pertama

Baca juga: Sidang Pemakzulan Presiden ke-45 AS: Senator Republik Kritik Keras Pengacara Trump

Presiden AS Donald Trump memegang surat kabar yang menampilkan tajuk
Presiden AS Donald Trump memegang surat kabar yang menampilkan tajuk "Dibebaskan" saat ia tiba untuk berbicara di National Prayer Breakfast tahunan ke-68 pada 6 Februari 2020 di Washington, DC. Terbaru, Ini Poin-poin Penting Sidang Pemakzulan Kedua Donald Trump Hari Pertama (Nicholas Kamm / AFP)

Mengutip CNN, berikut ini Tribunnews rangkum beberapa poin yang perlu diketahui tentang proses pemakzulan Donald Trump di hari pertama:

Pemungutan Suara Terkait Konstitusional Persidangan

BERITA TERKAIT

Enam senator Republik bersama Demokrat memberikan suara mengenai apakah persidangan pemakzulan Donald Trump sah secara konstitusional.

Ini adalah kedua kalinya pemungutan suara dilakukan, setelah Senator Rand Paul, Republikan Kentucky memaksakan pemungutan suara untuk pertanyaan yang sama bulan lalu.

Dalam persidangan Selasa (9/2/2021), Senator Louisiana Bill Cassidy muncul sebagai satu-satunya Republikan yang mengalihkan suaranya setelah pemungutan suara awal tentang konstitusionalitas.

Baca juga: 4 Fakta Sidang Perdana Pemakzulan Donald Trump: Demokrat Ceritakan Kembali Suasana Kerusuhan Capitol

Baca juga: Pria Pelaku Kerusuhan Capitol Rupanya Pernah Diusir dari Pesawat karena Terus Berteriak Trump 2020

Pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan demonstrasi di luar Gedung Kongres US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Alex Edelman
Pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan demonstrasi di luar Gedung Kongres US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Alex Edelman (AFP/Alex Edelman)

Rekaman Video Kerusuhan Capitol Diperlihatan

Republikan Jamie Raskin dari Maryland, Manajer Pemakzulan DPR membuka presentasinya dengan video yang menunjukkan rekaman kerusuhan di Capitol.

Terlihat pengunjuk rasa menyerbu dan menggeledah ruangan di Capitol hingga memaksa anggota parlemen di DPR dan Senat meninggalkan ruangan mereka.

Video itu digabungkan dengan pidato Trump pada 6 Januari 2021 menjelang kerusuhan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas