Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ujian Perguruan Tinggi Nasional dan Negeri di Jepang Dimulai Hari Ini

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang, jumlah pelamar untuk ujian kedua adalah 425.415.

Ujian Perguruan Tinggi Nasional dan Negeri di Jepang Dimulai Hari Ini
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Suasana ujian nasional di Universitas Tokyo, Jepang, Kamis (25/2/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Di tengah pandemi Covid-19, ujian perguruan tinggi nasional dan negeri dimulai Kamis (25/2/2021) hari ini setelah dampak gempa di lepas pantai Prefektur Fukushima 13 Februari lalu.

Jadwal semester pertama dilaksanakan di 169 universitas nasional dan negeri se-Jepang.

Dari jumlah tersebut, di Universitas Tokyo di Bunkyo-ku, Tokyo, mahasiswa yang memakai masker berbaris di depan gerbang utama dua jam sebelum dimulai, membuka buku referensi dan menunggu.

"Saya telah menahan diri untuk tidak ke luar dan berusaha keras di rumah. Para siswa di sekitar saya tampaknya pintar, tetapi saya ingin mengikutinya pula," kata seorang siswa sekolah menengah di Tokyo.

"Gempa bulan ini sangat mengguncang sehingga saya sedikit khawatir tentang apa yang harus dilakukan jika terguncang dalam ujian."

Baca juga: Seiko Hashimoto Umumkan Pedoman Penyelenggaraan Estafet Relai Obor Olimpiade 2021 Jepang

Baca juga: 1.000 Tenaga Sukarela Olimpiade 2021 Jepang Menolak Kembali Bergabung

"Kelas sekolah persiapan sulit dilakukan secara online, tetapi saya ingin melakukannya, menikmati kegiatan klub di universitas. Jadi saya ingin menggunakan semua kekuatan saya supaya bisa lulus," kata seorang wanita sekolah persiapan berusia 19 tahun dari Prefektur Ibaraki.

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang, jumlah pelamar untuk ujian kedua adalah 425.415 pada paruh pertama, tengah dan kedua.

Rata-rata jumlah pendaftaran adalah :
- Universitas nasional 3,8 kali lebih banyak daripada tahun sebelumnya
- Universitas negeri 5,9 kali
- Secara keseluruhan, 4,3 kali.

Keduanya baik universitas nasional maupun universitas negeri mengalami penurunan 0,1 poin dari tahun lalu, tetapi mereka hampir berada di level yang sama.

Universitas Nasional adalah universitas yang langsung di bawah pemerintah pusat. Universitas negeri adalah universitas yang langsung di bawah pemerintah daerah yang bersangkutan.

Suasana ujian nasional di Universitas Tokyo, Jepang, Kamis  (25/2/2021).
Suasana ujian nasional di Universitas Tokyo, Jepang, Kamis (25/2/2021). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Tahun ini, perubahan akibat penyebaran infeksi telah terjadi satu demi satu, dan dua fakultas dari Universitas Nasional Yokohama, Universitas Utsunomiya, dan Universitas Shinshu akan menghentikan tes individu dan akan menilai lulus/gagal berdasarkan hasil tes umum.

Selain itu, beberapa universitas juga terkena dampaknya, seperti fakta bahwa beberapa universitas berpindah tempat karena gempa yang berasal dari lepas pantai Prefektur Fukushima pada tanggal 13 Februari 2021.

Pengumuman keberhasilan ujian paruh pertama kedua ini adalah :
- Universitas negeri akan dimulai dari tanggal 3 Maret 2021
- Perguruan tinggi nasional akan diadakan mulai tanggal 6 Maret 2021.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas