Tribun

Virus Corona

Warga Palestina Terima Batch Pertama Vaksin COVAX

Otoritas Palestina pada hari Rabu lalu telah menerima batch pertama vaksin virus corona (Covid-19) dari inisiatif skema COVAX.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Warga Palestina Terima Batch Pertama Vaksin COVAX
INDRANIL MUKHERJEE / AFP
Sebuah kotak karton vaksin Covishield yang dikembangkan oleh Serum Institute of India (SII) yang berbasis di Pune diturunkan di bandara Mumbai pada tanggal 24 Februari 2021, sebagai bagian dari skema Covax, yang bertujuan untuk mendapatkan dan mendistribusikan inokulasi secara adil di antara semua negara. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, GAZA - Otoritas Palestina pada hari Rabu lalu telah menerima batch pertama vaksin virus corona (Covid-19) dari inisiatif skema COVAX.

Vaksin ini akan difokuskan pada program vaksinasi untuk warga yang berada di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Karena warga Palestina yang menduduki wilayah itu tertinggal jauh dari kampanye vaksinasi yang telah dilakukan Israel sejak beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tunisia Terima 93.600 Dosis Vaksin COVAX Pada Batch Pertama

Dikutip dari laman France 24, Jumat (19/3/2021), seorang Juru Bicara Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan bahwa 38.000 dosis vaksin Pfizer akan digunakan untuk program vaksinasi yang rencananya dimulai pada hari Minggu mendatang.

Sedangkan 24.000 dosis vaksin AstraZeneca akan disimpan hingga ada keputusan ilmiah dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO sebagai salah satu inisiator program COVAX, mengatakan bahwa panel penasehatnya sedang meninjau laporan dari beberapa negara tentang kasus perdarahan yang terisolasi, pembekuan darah dan jumlah trombosit yang rendah setelah pemberian vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca.

Kendati demikian, organisasi itu pada Senin lalu mengimbau negara-negara untuk tidak menghentikan kampanye vaksinasi hanya karena kekhawatiran terkait keamanan vaksin.

Vaksin yang dikirim ke Tel Aviv di Israel adalah yang pertama dikirim oleh WHO ke Palestina di bawah fasilitas COVAX.

Baca juga: 3 Negara di Benua Amerika Ini Terima Vaksin COVAX

COVAX merupakan skema yang diinisiasi WHO bersama beberapa organisasi lainnya termasuk aliansi vaksin GAVI untuk memastikan akses yang adil bagi negara berpendapatan rendah untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19 secara global.

Pengiriman berikutnya diharapkan akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan.

Sebelumnya, sebuah truk membawa pengiriman awal vaksin ini dari bandara Ben Gurion di Tel Aviv ke kota Ramallah di Palestina yang terletak di Tepi Barat.

Sekitar sepertiga dari dosis itu telah dialokasikan untuk Gaza.

Seperti yang disampaikan seorang pejabat di kantor koordinator khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk proses perdamaian Timur Tengah.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas