Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Lebih dari Setahun sejak Pandemi, Korea Utara Mengklaim Negaranya Masih Bebas Virus Corona

Korea Utara yang terisolasi terus mengklaim rekor sempurna dalam mencegah virus corona dalam laporan terbarunya kepada Organisasi Kesehatan Dunia

Lebih dari Setahun sejak Pandemi, Korea Utara Mengklaim Negaranya Masih Bebas Virus Corona
KCNA VIA KNS / AFP
Gambar tak bertanggal yang dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 29 Agustus 2020 ini menunjukkan seorang pegawai stasiun memeriksa suhu tubuh penumpang sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di Pyongyang. Hingga hari ini, Korea Utara mengklaim negaranya masih bebas dari virus corona 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara yang terisolasi terus mengklaim rekor sempurna, 0 kasus, dalam mencegah virus corona dalam laporan terbarunya kepada Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Dilansir The Associated Press, pada awal pandemi lebih dari setahun yang lalu, Korea Utara menggambarkan upayanya mencegah virus sebagai "masalah eksistensi nasional".

Korea Utara menutup perbatasannya, melarang turis dan mengusir diplomat.

Mereka juga sangat membatasi lalu lintas lintas batas dan telah mengkarantina puluhan ribu orang yang telah menunjukkan gejala.

Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu masih mengatakan tidak menemukan kasus Covid-19.

Baca juga: Korea Utara Umumkan Tidak Berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo karena Covid-19, Korea Selatan Kecewa

Baca juga: Pasangan di Korea Coret-coret Lukisan Seharga Rp 6,4 Miliar, Mengira Publik Boleh Ikut Menggambar

Seorang penonton menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari tindakan pencegahan terhadap virus corona Covid-19, sebelum pertunjukan oleh Rombongan Akrobatik Nasional Korea Utara di Teater Sirkus Pyongyang pada 16 November 2020.
Seorang penonton menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari tindakan pencegahan terhadap virus corona Covid-19, sebelum pertunjukan oleh Rombongan Akrobatik Nasional Korea Utara di Teater Sirkus Pyongyang pada 16 November 2020. (KIM Won Jin / AFP)

Namun, klaim itu sangat diragukan sejumlah pihak mengingat infrastruktur kesehatannya yang buruk dan perbatasan yang keropos dengan China, garis kehidupan ekonominya.

Dalam email ke The Associated Press pada hari Rabu (7/4/2021), Edwin Salvador, perwakilan WHO untuk Korea Utara, mengatakan Korea Utara melaporkan telah menguji 23.121 orang untuk virus corona dari awal pandemi hingga 1 April.

Semua hasilnya negatif.

Namun Salvador mengatakan Korea Utara tidak lagi memberi laporan tentang jumlah orang yang dikarantina dengan gejala yang dicurigai.

Korea Utara Umumkan Tidak Berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Fajar Nasucha
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas