Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Topan Hantam Makinohara Jepang, Hampir 100 Bangunan Rusak, 560 Rumah Terdampak Pemadaman Listrik

Setidaknya 100 bangunan telah terkelupas di tengah Distrik Katsutagami, Distrik Kiriyamashita dan Distrik Sakabe.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Topan Hantam Makinohara Jepang, Hampir 100 Bangunan Rusak, 560 Rumah Terdampak Pemadaman Listrik
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Sejumlah kerusakan setelah Kota Makinohara dihantam topan, Minggu (2/5/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Angin topan menghantam Kota Makinohara di Prefektur Shizuoka, Minggu (2/5/2021) mengakibatkan beberapa orang luka, hampir 100 bangunan rusak.

Selain itu 560 rumah warga terkena pemadaman listrik karena tiang listrik tumbang yang mengakibatkan kabel listrik putus.

Di Kota Makinohara, Prefektur Shizuoka, tim investigasi dari Observatorium Meteorologi Lokal Shizuoka bergabung untuk menyelidiki penyebab kerusakan secara mendetail.

Sembilan anggota tim investigasi Observatorium Meteorologi Lokal Shizuoka dibagi menjadi dua kelompok dan memulai penyelidikan masing-masing dari sisi barat dan sisi timur area yang rusak.

Baca juga: Tahun 2020 Hanya 7 Topan Mendekati Daratan Jepang

Penyelidikan berakhir sekitar pukul 15.00 waktu Jepang.

"Kami memastikan bahwa kerusakan tersebar di garis lurus dari barat ke timur. Kami akan menyelidiki secara detail fenomena seperti apa yang terjadi berdasarkan apa yang terjadi ini dan bagaimana bangunan tersebut rusak, panjang dan lebar kawasan yang rusak, serta hasil wawancara dengan warga," kata Masahiko Fujimura, kepala bagian panduan pencegahan bencana dari Observatorium Meteorologi Lokal Shizuoka.

BERITA TERKAIT

Menurut ringkasan laporan dari pemerintah kota, tiga pria dan wanita berusia 30-an dan 60-an mengalami luka ringan akibat pecahan kaca, dan bangunan tersebut rusak di daerah Nunohikihara.

Setidaknya 100 bangunan telah terkelupas di tengah Distrik Katsutagami, Distrik Kiriyamashita dan Distrik Sakabe.

Sejumlah kerusakan setelah Kota Makinohara dihantam topan, Minggu (2/5/2021).
Sejumlah kerusakan setelah Kota Makinohara dihantam topan, Minggu (2/5/2021). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Di Distrik Nunohikihara Kota Makinohara, seorang pria berusia 50 tahun yang mengalami kerusakan seperti genting rumahnya tertiup angin dan kaca jendela pecah.

"Setelah kaca jendela pecah, benda-benda di dalam rumah terbang berputar-putar. Saya terkejut. Ubinnya menghilang dan seluruh rumah menjadi basah karena hujan," kata pria itu.

Selain itu, sedikitnya lima mobil seperti truk terguling di kawasan Nunohikihara, dan 10 jalan di dalam kota tidak dapat dilalui karena pohon tumbang melintang di tengah jalan.

Baca juga: Awas Siklon Tropis Surigae! BMKG Prediksi Berkembang Jadi Topan

Menurut Jaringan Tenaga Listrik Chubu, pada pukul 15.00 tanggal 2 Mei kemarin, sekitar 560 rumah mengalami pemadaman listrik, terutama di daerah yang rusak akibat hembusan angin di Kota Makinohara, Prefektur Shizuoka.

Jaringan listrik Chubu Electric, telah mempercepat pengerjaan perbaikan pekerjaan konstruksi khusus pertolongan pertama pada prospek memulihkan jam 7 malam, menunda prospek kegagalan daya sehingga membutuhkan waktu untuk bekerja dengan secepatnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas