Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Idul Fitri 2021

Beberapa WNI di Jepang Sedih Lebaran Tahun Ini, Mengapa?

Beberapa WNI di Jepang merasa sedih tahun ini saat Idul Fitri kemarin. Mengapa demikian?

Beberapa WNI di Jepang Sedih Lebaran Tahun Ini, Mengapa?
Richard Susilo
Masjid di Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Beberapa WNI di Jepang merasa sedih tahun ini saat Idul Fitri kemarin. Mengapa demikian?

"Perasaan lebaran th ini cukup sedih, jauh dari keluarga dan tak bisa berkumpul dengan mereka. Tapi tetap bersyukur karena semua keluarga  dalam keadaan sehat," ungkap Widya Nuvita Sari yang biasa dipanggil Novi, khusus kepada Tribunnews.com Jumat (14/5/2021).

Novi sudah hampir 4 tahun berada di Jepang saat ini bekerja sebagai perawat di prefektur Saitama Jepang dalam program Japan Indonesia Economic Partnership Agreement (JIEPA).

"Lebaran ke-4 di Jepang.  Kangen masakan Indonesia deh.  Biasa kalau  di KBRI ada lontong opor ayam Indonesia,  tapi karena covid-19 ini,  dua kali lebaran tidak bisa ke mana mana," paparnya lagi dengan sedih.

Dua kali memang Masjid Indonesia di Tokyo tidak bisa melakukan offline, semua harus dilakukan online lewat internet sebagai antisipasi terhadap pandemi corona di Jepang. Apalagi kali ini dalam masa deklarasi darurat (PSBB) sampai dengan 31 Mei 2021.

WBI lainnya yang juga anggota Forum BBB (asosiasi bisnis WNI yang ada di Jepang), Komalasari berdomisili di Fuchu Tokyo Jepang, akhirnya terpaksa shalat di masjid lain.

"Saya shalat ied di Hachioji dan  banyak orang Indonesia di sana. Lalu makan lontong sayur di Kuta Bali cafe. Senang rindu terobati sedikit meskipun tidak di Indonesia.  Juga ada teman yang kadang open house berapa orang tidak  banyak karena kita masih jaga jarak sesuai protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah Jepang."

Kesedihan juga muncul dari WNI lainnya lagi, Diah Rostanti.

"Saya sedih karna tidak bisa kumpul dengan keluarga Indonesia. Untuk karyawan tidak ada libur jadi harus ambil cuti," uangkap Diah kepada Tribunnews.com.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas