Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Israel Serang Jalur Gaza

Guru Besar UI: Konflik Israel-Palestina Sangat Kompleks, Multi Dimensi

Hikmahanto Juwana menegaskan konflik Palestina dengan Israel sangat kompleks, multi dimensi dan tidak bisa dilihat hitam putih.

Guru Besar UI: Konflik Israel-Palestina Sangat Kompleks, Multi Dimensi
dok pribadi
Hikmahanto Juwana 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menegaskan konflik Palestina dengan Israel sangat kompleks, multi dimensi dan tidak bisa dilihat hitam putih.

“Banyak pihak di Indonesia menyederhanakan konflik Palestina Israel sebagai konflik agama. Padahal konflik yang terjadi sangat kompleks, multi dimensi dan tidak bisa dilihat hitam putih,” ujar Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) ini kepada Tribunnews.com, Kamis (20/5/2021).

Justru, kata dia, konflik yang terjadi dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk membangun narasi sesuai kepentingan, orientasi politik dan ideologi.

Menurut Hikmahanto, pihak yang memanfaatkan tidak hanya pemerintahan suatu negara terhadap negara lain tetapi juga elemen-elemen yang ada dalam suatu negara.

“Berbagai pihak saling bertikai siapa yang harus dibela sementara pada saat bersamaan korban sipil terutama perempuan dan anak-anak terus menjadi korban,” jelasnya.

Saat ini, lebih lanjut, sebaiknya semua pihak untuk tidak mengedepankan kepentingan  dan orientasi politik bahkan ideologi.

“Adapun yang harus dikedepankan adalah kekerasan harus diakhiri demi kemanusiaan,” tegasnya.

Sebelumnya dia juga menyerukan agar semua pihak di dunia ini mengesampingkan orientasi politik dan ideologi dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina.

“Ada baiknya saat ini semua pihak untuk tidak mengedepankan orientasi politik atau ideologi. Yang dikendepankan adalah kekerasan harus segera diakhiri demi kemanusian,” ujar Hikmahanto ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (17/5/2021).

“Korban baik di Palestina maupun Israel harus bisa dihentikan,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas