Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes Heri Akhmadi: 36 WNI Terpapar Covid-19 di Ibaraki Jepang, Kondisinya Kini Membaik

KBRI Tokyo pada Senin (17/5/2021), telah mengirimkan bantuan berupa paket vitamin dan suplemen bagi WNI yang terpapar Covid-19 di Oarai.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dubes Heri Akhmadi: 36 WNI Terpapar Covid-19 di Ibaraki Jepang, Kondisinya Kini Membaik
KBRI Tokyo
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi menerima kunjungan Wali Kota Oarai, Yutaka Kunii di Gedung KBRI Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, menerima kunjungan Wali Kota Oarai, Yutaka Kunii di Gedung KBRI Tokyo, Kamis (20/5/2021).

Kepada Dubes Heri Akhmadi, Yutaka Kunii menyampaikan perkembangan informasi terbaru terkait 36 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan positif Covid-19 di Kota Oarai, Prefektur Jepang.

"Alhamdulillah kawan-kawan yang terdampak Covid-19 di Kota Oarai dalam keadaan baik. Umumnya bergejala ringan sehingga diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing. Tadi saya sampaikan ke Walikota Oarai untuk terus dapat meng-update saya terkait kondisi kawan-kawan WNI di Oarai yang terdampak Covid-19," kata Dubes Heri Akhmadi usai pertemuan dalam siaran persnya yang diterima Tribunnews.com.

"Saya juga sudah mengutus diplomat KBRI Tokyo yang menangani Perlindungan WNI untuk terus memonitor dan mengawal dengan ketat kondisi di lapangan," ujarnya.

Kepada Dubes Heri Akhmadi, Wali Kota Yutaka Kunii menyampaikan apresiasi atas perhatian dari Pemerintah Indonesia yang terus memantau kondisi warga negaranya.

Baca juga: 36 WNI di Oarai Ibaraki Jepang Terpapar Covid-19

"Masyarakat Indonesia adalah warga Kota Oarai, selama ini mereka ikut membantu perekonomian Oarai dengan bekerja di berbagai sektor," kata Yutaka Kunii.

BERITA TERKAIT

KBRI Tokyo pada Senin (17/5/2021), telah mengirimkan bantuan berupa paket vitamin dan suplemen bagi WNI yang terpapar Covid-19 di Oarai.

KBRI juga sudah meminta masyarakat Indonesia di Oarai mendukung Pemerintah Daerah dengan menahan diri dan menghentikan aktivitas sosial termasuk keagamaan, yang menimbulkan kerumunan orang.

Berkenaan dengan naiknya angka infeksi Covid-19 di Jepang, Dubes Heri Akhmadi kembali mengingatkan seluruh WNI di Jepang dan Mikronesia untuk tetap waspada dan selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Berdasarkan catatan Imigrasi Jepang per Desember 2020, jumlah WNI di Prefektur Ibaraki sebanyak 4.226 orang.

Pemandangan indah di pinggir pantai Kota Oarai, Ibaraki, Jepang.
Pemandangan indah di pinggir pantai Kota Oarai, Ibaraki, Jepang. (Foto Pemda Oarai)

Sementara itu, komunitas Indonesia di Kota Oarai tercatat sekitar 600 WNI, umumnya berasal dari Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung KBRI Tokyo, hadir mendampingi Dubes RI adalah Kepala Bidang Protokol dan Konsuler, Ali Sucipto.

Selain membicarakan penanganan kasus Covid-19 tersebut, Dubes Heri Akhmadi dan Wali Kota Yutaka Kunii juga membicarakan kemungkinan kerja sama di sejumlah bidang lainnya antara kota Oarai dengan kota lain di Indonesia seperti Manado atau Denpasar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas