Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penangkapan Massal Warga Palestina karena Dukung Protes Serangan Israel ke Gaza

Kepolisian Israel akan melakukan penangkapan massal warga Palestina yang mendukung aksi demo atas pengusiran warga Palestina di Jalur Gaza

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Penangkapan Massal Warga Palestina karena Dukung Protes Serangan Israel ke Gaza
ist
Lebih dari 200 ribu warga Kota London menggelar aksi solidaritas bagi rakyat Palestina di pusat Kota London, Inggris, Sabtu (22/5/2021) siang waktu setempat. Mereka meminta pemerintah ikut mendesak Israel untuk menghentikan serangan-serangannya terhadap warga Palestina di Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM - Polisi Israel mengumumkan akan menangkap ratusan warga Palestina di Israel selama beberapa hari mendatang atas partisipasi mereka dalam protes mendukung  warga Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki dan Jalur Gaza yang terkepung.

Gelombang penangkapan massal akan terjadi sebagai bagian dari apa yang disebut polisi sebagai “hukum dan ketertiban operasi”.

Ini dimaksudkan untuk menghukum mereka yang ikut dalam demonstrasi menentang kekerasan pemukim, penumpasan pasukan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa, dan kampanye pengeboman 11 hari militer di Gaza, yang menewaskan 248 orang.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (23/5) malam, polisi Israel mengatakan sekitar 1.550 orang telah ditangkap sejak 9 Mei.

Juga disebutkan, kampanye tersebut merupakan "kelanjutan" yang bertujuan untuk "menuntut" para demonstran yang selama dua minggu terakhir ini turun ke jalan di kota-kota besar dan kecil. di seluruh Israel.

Baca juga: TANGIS Pilu Warga Gaza Kehilangan Keluarga dalam Serangan Udara Zionis Israel

Ribuan pasukan keamanan dari "semua unit" akan dikerahkan untuk melakukan penggerebekan, katanya, di kota-kota yang sebagian besar dihuni oleh warga Palestina di Israel, yang merupakan sekitar 20 persen dari populasi negara itu.

Pernyataan itu tidak mengatakan kampanye itu akan menargetkan pemukim Yahudi yang telah menyerang warga Palestina dan rumah mereka, seperti yang didokumentasikan dalam video dan gambar yang dibagikan secara luas di media sosial.

BERITA TERKAIT

Polisi - termasuk penjaga perbatasan dan brigade cadangan - akan menggeledah rumah dan melakukan "investigasi" sampai dakwaan diajukan dan hukuman penjara dijatuhkan, tambahnya.

Hassan Jabareen, Direktur Jenderal Adalah, Pusat Hukum untuk Hak Minoritas Arab di Israel, menyatakan kampanye itu sebagai "perang" melawan demonstran Palestina, aktivis politik, dan anak di bawah umur.

Operasi penangkapan besar-besaran adalah "perang militerisasi terhadap warga Palestina di Israel," kata Jabareen dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Al Jazeera pada hari Senin (24/5).

Baca juga: TESTIMONI Jurnalis Palestina di Gaza: Ini Perang Brutal, Setiap Orang Jadi Target dan Ditembaki

Ia mendesak "tanggapan cepat" dari semua gerakan politik Palestina, partai, dan dari Komite Tindak Lanjut Tinggi untuk Warga Arab Israel.

Mengganggu protes

Demonstrasi di kota-kota termasuk Haifa, Yafa, Lydd dan Nazareth dimulai awal bulan ini sebagai solidaritas dengan keluarga Palestinayang  menghadapi pengusiran warga Palestina secara paksa yang akan segera terjadi dari rumah mereka di Sheikh Jarrah.

Selama aksi demo, beberapa warga Palestina diserang oleh pemukim Yahudi yang kadang-kadang, didukung oleh polisi Israel, berbaris di jalan-jalan meneriakkan slogan-slogan anti-Palestina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas