Tribun

Biden Dijadwalkan akan Lakukan Perjalanan Dinas Pertamanya Bulan Depan dan Bertemu Ratu Elizabeth II

Gedung Putih tengah menyelesaikan rencana perjalanan dinas pertema Presiden Joe Biden ke luar negeri bulan depan, Rabu (26/5/2021).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Biden Dijadwalkan akan Lakukan Perjalanan Dinas Pertamanya Bulan Depan dan Bertemu Ratu Elizabeth II
Steve REIGATE / POOL / AFP
Ratu Elizabeth II selama upacara untuk menandai seratus tahun Angkatan Udara Australia di CWGC Air Forces Memorial, Runnymede di Surrey pada 31 Maret 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Gedung Putih tengah menyelesaikan rencana perjalanan dinas pertema Presiden Joe Biden ke luar negeri bulan depan.

Joe Biden dijadwalkan akan bertemu dengan Ratu Elizabeth II, dan akan ditemani oleh Ibu Negara Jill Biden.

Melansir CNN, diharapkan pertemuan ini akan terselenggara sebelum Joe Biden meninggalkan Inggris, setelah menghadiri KTT G-7 dan menuju Brussel untuk pertemuan NATO pada 14 Juni 2021.

"Kini, Gedung Putih dan pihak Istana Buckhingham tengah menyelesaikan rincian pertemuan tersebut," kata pejabat AS pada Rabu (26/5/2021).

Biden juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 16 Juni 2021 di Swiss.

Baca juga: Biden Minta Badan Intelijen Selidiki Asal Usul COVID-19, China: Politisasi akan Hambat Penyelidikan

Baca juga: Biden Perintahkan Intel AS Selidiki Asal-Usul Virus Corona

Presiden AS Joe Biden berpidato di sesi gabungan Kongres saat Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi bertepuk tangan di Capitol AS di Washington, DC, pada 28 April 2021.
Presiden AS Joe Biden berpidato di sesi gabungan Kongres saat Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi bertepuk tangan di Capitol AS di Washington, DC, pada 28 April 2021. (Melina Mara / POOL / AFP)

Pejabat tersebut menambahkan, kemungkinan akan ada pemberitahuan resmi dalam waktu dekat.

Pertemuan Ratu Elizabeth II dengan Biden akan menjadikannya Presiden Amerika ke-13 yang pernah ditemui Ratu, yang telah berusia 95 tahun.

Satu-satunya Presiden AS yang tidak ditemui Ratu selama 69 tahun pemerintahannya adalah Lyndon B. Johnson, yang tidak mengunjungi Inggris selama masa jabatannya.

Pertemuan antara dua sekutu dekat itu akan berlangsung selama perjalanan pertama Biden ke luar negeri sejak menjabat pada Januari.

Seperti diketahui, pandemi virus corona telah menghentikan banyak perjalanan internasional karena pembatasan diberlakukan untuk menghentikan penyebaran virus.

Baca juga: Joe Biden Didesak 500 Lebih Anggota Demokrat dan Tim Sukses Pilpres untuk Hukum Israel

Baca juga: POPULER INTERNASIONAL: Kekecewaan Ratu Elizabeth II kepada Pangeran Harry | Persyaratan Haji 2021

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh melambai kepada para tamu dari mobil mereka saat menghadiri Patron's Lunch di Mall, sebuah acara untuk menandai ulang tahun ke-90 resminya di London pada 12 Juni 2016.
Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh melambai kepada para tamu dari mobil mereka saat menghadiri Patron's Lunch di Mall, sebuah acara untuk menandai ulang tahun ke-90 resminya di London pada 12 Juni 2016. (BRUCE ADAMS / POOL / AFP)

Beberapa waktu lalu, Biden mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Ratu, Keluarga Kerajaan dan Inggris setelah suaminya, Pangeran Philip, meninggal.

Pangeran Philip adalah pendamping seumur hidup Ratu Elizabeth II dan permaisuri terlama dalam sejarah Inggris.

Suami Ratu Elizabeth II itu meninggal pada usia 99 pada April 2021.

Baca juga: POPULER INTERNASIONAL: Kisah Pria jadi Satu-satunya Penumpang Pesawat | Keraguan Trump soal Covid-19

Mantan Presiden AS Donald Trump berpidato di Conservative Political Action Conference (CPAC) yang diadakan di Hyatt Regency pada 28 Februari 2021 di Orlando, Florida.
Mantan Presiden AS Donald Trump berpidato di Conservative Political Action Conference (CPAC) yang diadakan di Hyatt Regency pada 28 Februari 2021 di Orlando, Florida. (JOE RAEDLE via AFP)

Sebelum ini, Presiden Amerika terbaru yang ditemui Ratu Elizabeth II adalah Donald Trump.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas