Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bos Techno System Jepang Ditangkap, Diduga Melakukan Penipuan Lebih dari 1,16 Miliar Yen

Naoyuki Ikuta berbohong kepada dua lembaga keuangan dengan dalih menerima pinjaman untuk dana bisnis terkait energi terbarukan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bos Techno System Jepang Ditangkap, Diduga Melakukan Penipuan Lebih dari 1,16 Miliar Yen
Istimewa
Naoyuki Ikuta (47), Presiden perusahaan Techno System. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden Techno System, Naoyuki Ikuta (47) diamankan kejaksaan Jepang diduga terkait kasus penipuan pinjaman yang melibatkan perusahaan tenaga surya di Kota Yokohama.

Perusahaan tersebut telah memperluas bisnisnya dengan sejumlah besar dana yang dikumpulkan dari layanan keuangan yang disebut "pinjaman sosial" selama beberapa tahun, tetapi telah terjebak dalam utang.

Wawancara dengan pihak terkait mengungkapkan adanya dugaan pailit.

Naoyuki Ikuta (47), Presiden perusahaan "Techno System" yang berhubungan dengan tenaga surya di Yokohama, dan tiga lainnya berbohong kepada dua lembaga keuangan tahun lalu dengan dalih menerima pinjaman untuk dana bisnis terkait energi terbarukan.

Pada tanggal 27 Mei kemarin, dia ditangkap Kantor Kejaksaan Umum Distrik Tokyo karena dicurigai melakukan penipuan sejumlah pinjaman lebih dari 1,16 miliar yen.

Menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini, sistem tekno telah memperluas bisnisnya dengan sejumlah besar uang yang dikumpulkan dari layanan keuangan yang disebut "pinjaman sosial" selama beberapa tahun yang bertujuan untuk penawaran umum perdana, dan sedang membangun fasilitas pembangkit listrik terkait menjadi energi terbarukan.

BERITA REKOMENDASI

Namun, ternyata terdapat kecurigaan bahwa utang tersebut melonjak tinggi dan bangkrut akibat kebuntuan arus kas akibat penundaan yang signifikan dalam pembangunan beberapa proyek.

Departemen Investigasi Khusus diduga telah mengoperasikan tim khusus untuk menyelidiki penggunaan pinjaman tersebut untuk membayar kepada kreditor lain, dan diharapkan untuk melanjutkan dengan mengklarifikasi situasi aktual mengenai aliran dana yang tidak pasti.

Baca juga: Ilmuwan Majalah Ilmiah Inggris Kritik Keras Olimpiade Jepang

Menanggapi pemeriksaan tersebut, Presiden Ikuta membantah tuduhan tersebut.

Siapakah Naota Ikuta?

Naota Ikuta lahir di Kota Yokohama, Prefektur Kanagawa lulusan dari Fakultas Teknik Konstruksi Universitas Nihon dan sempat bekerja di Nippon Densetsu Kogyo.

Dia kini Presiden Techno System Co., Ltd dengan Bisnis desalinasi air laut, bisnis tata air, bisnis energi terbarukan

Techno System Co., Ltd. didirikan pada tahun 2009, penjualan terus meningkat.

Pada tahun 2010, mencapai 29,32 juta yen, tetapi pada 2013 menjadi 1,1 miliar yen.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas