Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PBB Butuh Bantuan Rp 1,3 Triliun untuk Rekonstruksi Palestina

PBB butuh dana Rp 1,3 triliun (95 juta dolar AS) untuk rekonstruksi Palestina setelah 11 hari konflik Israel-Palestina

Editor: hasanah samhudi
zoom-in PBB Butuh Bantuan Rp 1,3 Triliun  untuk Rekonstruksi Palestina
pinterest.co.uk
Sekjen PBB, Antonio Guterres 

TRIBUNNEWS.COM - Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan permintaan bantuan senilai 95 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun) untuk membantu warga Palestina selama tiga bulan ke depan.

Bantuan akan disalurkan untuk warga Palestina di Gaza, Tepi Barat yang diduduki, dan Yerusalem Timur, setelah 11 hari pertempuran terburuk antara Israel dan Palestina baru-baru ini.

Lynn Hastings, Koordinator Kemanusiaan PBB untuk wilayah Palestina, mengatakan Kamis (27/5), PBB saat ini membutuhkan segera bantuan dan kemudian akan menilai kerusakan jangka panjang dan berapa banyak yang mungkin diperlukan untuk rekonstruksi.

Menurutnya, bantuan itu untuk menangani kebutuhan yang sangat mendesak. Seperti  makanan, kesehatan, obat-obatan, persediaan medis, perbaikan cepat infrastruktur dan bantuan tunai.

Selain itu, PBB juga telah mengeluarkan 22,5 juta dollar AS dari dana lain untuk membantu memenuhi kebutuhan.

Baca juga: Ketua Dewan HAM PBB Sebut Serangan Israel ke Gaza Mungkin Kejahatan Perang

Pejabat Palestina mengatakan, diperlukan puluhan juta dollar AS untuk biaya rekonstruksi di Gaza, di mana otoritas kesehatan mengatakan sedikitnya 254 orang tewas selama 11 hari pertempuran.

Sementara petugas medis mengatakan tembakan roket dan serangan peluru kendali dari kelompok Palestina seperti Hamas menewaskan 13 orang di Israel. Gencatan senjata dicapai pada hari Jumat (21/5) lalu.

BERITA TERKAIT

Hastings mengatakan konflik selama 11 hari lalu telah menyebabkan 800.000 orang di Gaza tidak mendapatkan air bersih, air limbah yang tidak diolah dibuang ke laut, dan 58 fasilitas pendidikan rusak, termasuk 285 bangunan dengan lebih dari 1.000 perumahan dan unit komersial hancur.

Enam rumah sakit dan 11 pusat kesehatan juga rusak, dan listrik padam menjadi empat hingga enam jam sehari.

Hastings mengatakan sebagian besar uang akan masuk akan disalurkan ke Gaza, dan sebagian lainnya untuk Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Terutama bantuan untuk orang-orang yang terluka, mungkin  bantuan tunai, bantuan psiko-sosial, atau masalah perlindungan.

Baca juga: Ini Jawaban Israel dan AS Tanggapi Resolusi PBB untuk Menyelidiki Kejahatan di Gaza

“Kami membutuhkan segera bahan-bahan menyambung hidup, kemudian pemulihan dan rekonstruksi, tentu dengan situasi politik yang baik. Dan yang terpenting adalah dihentikannya permusuhan,” ujar Hastings.

"Kita semua perlu memastikan bahwa kita tidak mengulangi kesalahan yang terus membuat kita harus membangun kembali Gaza," katanya.

Secara terpisah, Qatar mengatakan akan memberikan 500 juta dollar AS untuk membantu membangun kembali Gaza.

Sementara Amerika Serikat menjanjikan tambahan 75 juta dollar AS dalam pembangunan dan bantuan ekonomi untuk Palestina pada tahun 2021,  5,5 juta dolar AS dalam bantuan bencana langsung untuk Gaza, serta 32 juta dolar AS untuk Badan Bantuan PBB untuk Palestina yang ada di sana.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas