Tribun

Penembakan Massal

Pelaku Penembakan Massal San Jose Incar Korban Tertentu

Kepolisian Santa Clara mendalami motif penembakan massal di San Jose, California, namun diduga pelaku mengincar orang-orang tertentu untuk jadi korban

Editor: hasanah samhudi
Pelaku Penembakan Massal San Jose Incar Korban Tertentu
Amy Osborne / AFP
Petugas gawat darurat berkumpul di lokasi penembakan di mana 10 orang dilaporkan tewas termasuk penembak pada 26 Mei 2021 di San Jose Railyard di San Jose, California. 

TRIBUNNEWS.COM, SAN JOSE – Aksi penembakan massal di San Jose, California, yang menewaskan sembilan orang  belum diketahui secara pasti.

Namun Sheriff Santa Clara County Laurie Smith mengatakan pelaku, Samuel Cassidy (57), sepertinya memang mengincar orang-orang tertentu untuk menjadi korbannya.

Dan pejabat pada Pemerintahan Joe Biden mengatakan, pelaku sempat berbicara bahwa ia membenci tempat kerjanya sewaktu petugas bea cukai menahannya setelah ia bepergian ke Filipina pada 2016.

Laurie Smith mengatakan, Samuel Cassidy tiba di fasilitas kereta ringan (LRT) untuk Otoritas Transportasi Lembah (Valley Transportation Authority – VTA)  di San Jose sekitar pukul 06.30 waktu setempat (20.30 WIB) Rabu (26/5) lalu. Ia membawa tas ransel berisi pistol semi-otomatis dan magasin berkapasitas tinggi.

“Jadi, dia mengatakan kepada salah satu orang di sana: 'Saya tidak akan menembakmu, dan dia kemudian menembak orang lain. Jadi, saya membayangkan ada semacam pemikiran tentang siapa yang ingin dia tembak,” ujar Smith, seperti dikutip dari Aljazeera.

Baca juga: Penembakan Massal di Lapangan  Rel LRT San Jose, Delapan Orang Tewas

Meskipun tidak ada kamera di dalam dua bangunan pemeliharaan rel, Smith mengatakan,sejumlah  rekaman menunjukkan pergerakannya dari satu lokasi ke lokasi berikutnya.

Disebutkan, aparat membutuhkan waktu enam menit, sejak panggilan darurat 911 diterima, untuk menemukan lokasi Cassidy di lantai tiga sebuah gedung.

Pelaku bunuh diri saat aparat mendekati fasilitas yang melayani satu juta penduduk kabupaten di jantung Silicon Valley itu.

Pada saat itu ada lebih dari 100 orang berada di sana pada saat itu, kata Smith, dan pihak berwenang menemukan lima korban di satu gedung dan dua di lainnya.

Pihak berwenang belum dapat memastikan apakah Cassidy pernah bekerja sama dengan para korban.

Baca juga: Melihat Aparat Kepolisian, Pelaku Penembakan Massal Bunuh Diri

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas