Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pemilu Bagi 4 Calon PM Jepang Mendatang, Bagaimana Dengan Fumio Kishida?

Pemilu LDP harus dilakukan dan yang menjadi Ketua LDP baru otomatis menjadi PM Jepang mendatang.

Pemilu Bagi 4 Calon PM Jepang Mendatang, Bagaimana Dengan Fumio Kishida?
Foto Richard Susilo
Empat calon PM Jepang untuk pemilu internal partai liberal demokrat (LDP) bulan September 2021. Dari kiri Toshimitsu Moregi, Katsunobu Kato, Hakubun Shomomura dan Fumio Kishida (63) paling kanan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  September 2021 berakhirnya masa jabatan Yoshihide Suga sebagai Ketua Umum partai liberal demokrat (LDP) yang berkuasa saat ini.

Pemilu LDP harus dilakukan dan yang menjadi Ketua LDP baru otomatis menjadi PM Jepang mendatang.

"Yang penting adalah mengatasi masalah pandemi corona dulu saat ini. Selain itu bidang ekonomi harus kita bangkitkan kembali," papar Fumio Kishida salah satu calon yang ikut dalam pemilu LDP mendatang pagi ini (2/6/2021).

Kishida sudah menyatakan dirinya akan ikut pemilu LDP tersebut, blak-blakan di dalam rapat LDP belum lama ini dan diliput penuh oleh wartawan.

"Kepercayaan dari rakyat snagatlah penting. Di samping juga kerja keras untuk membangun negara Jepang bangkit lagi dengan lebih baik."

Kishida juga meekankan uang kampanye 150 juta yen yang diberikan kepada Kawai, mantan anggota LDP di Hiroshima yang masuk penjara dituntut kejaksaan melakukan penyuapan dan uangnya 150 juta dari pengurus pusat LDP menurut pihak kejaksaan dan dokumen-dokumen mengarah suap 150 juta yen ada di pihak kejaksaan saat ini.

"Saya mau uang dan politik dibersihkan saat ini agar meningkat kembali kepercayaan rakyat kepada kita. Uang 150 juta yen harus dijelaskan secara terbuka kepada rakyat bersumber dari mana dan bagaimana bisa sampai ke pemilu di Hiroshima," jelas Kishida yang mantan menteri Luar Negeri Jepang sebelum Toshimitsu Motegi yang jadi Menlu saat ini.

Selain itu Kishida juga akan menekankan perekonomian Jepang nantinya apabila terpilih sebagai Ketua LDP, terutama akan memfokuskan diri kepada pengembangan perekonomian di Jepang agar bangkit kembali.

Kekuatan LDP sangat kuat saat ini  yang menguasai 54,5% kursi anggota parlemen Jepang. Bersama Komeito yang menguasai 8% kursi anggota parlemen (Total 62,5%) menjadi koalisi pemerintahan Jepang saat ini.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas