Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jepang Ternyata Pernah Menarik Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade Tahun 1940

Tahun 1940 dikatakan sebagai peringatan 2.600 tahun aksesi Kaisar Jinmu ke takhta sebagai kaisar pertama di Jepang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jepang Ternyata Pernah Menarik Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade Tahun 1940
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Logo Olimpiade dipasang di tengah Kota Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dalam sejarah Olimpiade ternyata Jepang pernah menarik diri sebagai tuan rumah pada tahun 1940.

"Pemerintah Jepang menarik diri sebagai tuan rumah Olimpiade Tokyo 1940. Keputusan bahwa Tokyo akan menjadi tuan rumah pertandingan itu dibuat pada sidang umum Komite Olimpiade Internasional pada tahun 1936, dan itu menjadi pertandingan olahraga pertama di Asia," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (28/6/2021).

Tahun 1940 dikatakan sebagai peringatan 2.600 tahun aksesi Kaisar Jinmu ke takhta sebagai kaisar pertama di Jepang, dan pemerintah telah merencanakan banyak acara peringatan.

Namun, pada Juli 1938, Tokyo melepaskan hak untuk menjadi tuan rumah.

Apa penyebabnya?

"Perang Tiongkok-Jepang Kedua, yang dimulai pada Juli 1937, sedang berlangsung dan tidak ada yang tahu berapa lama itu akan berlangsung. Menyelenggarakan Olimpiade akan membutuhkan banyak uang dan energi, yang tidak dimiliki Jepang pada saat itu," ungkap sumber itu.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Bersiap Sambut Aram Mahmoud, Pebulutangkis Pengungsi dari Suriah

BERITA TERKAIT

Mengapa mereka tidak menghentikan perang saja?

"Jika perang antara Jepang dan China terus berlanjut dan Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 1940, ada kemungkinan negara-negara besar akan memboikot. Daripada melanjutkan permainan dan mempermalukan dirinya sendiri di komunitas internasional, Tokyo mungkin berpikir akan lebih baik untuk menyerah pada pertandingan secara sukarela," ujarnya.

Apa yang terjadi dengan Olimpiade setelah Tokyo melepaskan hak untuk menjadi tuan rumah?

"Helsinki terpilih sebagai kota tuan rumah alternatif. Namun, perang pecah di front Eropa pada bulan September 1939, dan Olimpiade Musim Panas ke-12 pada tahun 1940 akhirnya dibatalkan."

Apakah ada pembatalan lainnya?

"Olimpiade dibatalkan empat kali di musim panas dan musim dingin, termasuk London pada tahun 1944. Semua ini karena perang yang sedang berlangsung," kata dia.

Olimpiade Moskow 1980 di bekas Uni Soviet diboikot oleh Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara lain karena invasi Uni Soviet ke Afghanistan.

Baca juga: Ahli Medis Kritik Panitia Olimpiade Jepang terkait Penanganan Atlet Uganda yang Terpapar Covid-19

Kemudian Uni Soviet dan negara-negara lain tidak ambil bagian dalam Olimpiade Los Angeles 1984, tetapi kedua Olimpiade tetap diadakan.

Lalu tahun 1964 untuk pertama kali Tokyo Jepang menyelenggarakan Olimpiade dan dibarengi dengan dimulainya pula operasi kereta peluru atau Shinkansen Jepang pertama agar masyarakat internasional dapat jalan-jalan ke berbagai tempat di Jepang dengan lebih cepat menggunakan Shinkansen.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas