Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Informan Agen Narkoba AS Ditangkap, Diduga Terkait Pembunuhan Presiden Haiti

Pria Haiti-Amerika yang ditangkap karena dicurigai terkait pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise pekan lalu, pernah menjadi informan agen narkoba.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Mantan Informan Agen Narkoba AS Ditangkap, Diduga Terkait Pembunuhan Presiden Haiti
Valerie Baeriswyl / AFP
Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara. 

TRIBUNNEWS.COM - Pria Haiti-Amerika yang ditangkap karena dicurigai terkait dengan pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise pekan lalu.

Pejabat Drug Enforcement Administration (DEA) pada Senin (12/7/2021) menuturkan, pria tersebut pernah menjadi informan Badan Penegakan Narkoba AS.

Pihak berwenang Haiti pekan lalu menangkap dua pria Haiti-Amerika, Joseph Vincent (55) dan James Solages (35) dan menuduh mereka bergabung dengan 26 orang Kolombia dalam serangan fatal terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise.

Melansir Reuters, pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, menolak mengatakan siapa di antara kedua pria itu yang menjadi informan.

"Salah satu tersangka dalam pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise adalah sumber rahasia DEA," kata pejabat DEA dalam e-mail.

Baca juga: Presiden Haiti Jovenel Moise Dibunuh di Rumahnya, Situasi Negara Bergejolak

Baca juga: Fakta-fakta Pembunuhan Presiden Haiti, Diserang Sekelompok Tentara Bayaran Tengah Malam di Rumahnya

Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara.
Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara. (Valerie Baeriswyl / AFP)

Ia menambahkan bahwa tersangka telah menghubungi DEA setelah pembunuhan dan mendesaknya untuk menyerah.

"Orang-orang ini tidak bertindak atas nama DEA."

BERITA REKOMENDASI

Tersangka bukan informan aktif pada saat pembunuhan, kata sumber penegak hukum.

Orang Amerika Haiti ketiga, Christian Emmanuel Sanon, ditangkap pada hari Minggu oleh pihak berwenang Haiti, yang menuduhnya sebagai dalang serangan itu.

Badan-badan penegak hukum dan intelijen AS sedang menyelidiki alasan orang-orang Haiti-Amerika itu mengambil bagian dalam pembunuhan.

Departemen Kehakiman AS mengatakan pada Senin bahwa telah diminta oleh Haiti untuk membantu dalam penyelidikan pembunuhan Moise.

"Penilaian awal telah dilakukan di Haiti oleh pejabat senior AS," kata juru bicara Anthony Coley.

"Departemen juga akan menyelidiki apakah ada pelanggaran hukum pidana AS sehubungan dengan masalah ini."

Baca juga: Profil Jovenel Moïse, Presiden Haiti yang Tewas Terbunuh di Kediaman Pribadinya

Baca juga: 4 Tentara Bayaran Pembunuh Presiden Haiti Ditembak Mati Aparat, Darurat Nasional Diumumkan

Sebuah sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan Solages dan Vincent mengatakan kepada penyelidik bahwa mereka adalah penerjemah untuk unit komando Kolombia yang memiliki surat perintah penangkapan untuk Moise, tetapi ketika mereka tiba, mereka menemukan Moise sudah tewas.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas