Tribun

Virus Corona

Media Asing Sebut 90 Warga Taiwan Carter Pesawat untuk Tinggalkan Indonesia

Mereka akan mengangkut pelanggan dari Taiwan kembali ke Taiwan setelah jumlah penumpang yang memesan layanan telah mencapai 100.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
Media Asing Sebut 90 Warga Taiwan Carter Pesawat untuk Tinggalkan Indonesia
WARTA KOTA/Warta Kota/Angga Bhagya Nugraba
Petugas tengah memeriksa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) , kepada Calon penumpang Bus Transjakarta di Halte Harmoni, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/7/2021). PT Trasnjakarta mewajibkan calon penumpang menunjukan STRP saat akan naik Bus. Hal itu salah satu ketentuan wajib yang harus dipatuhi para penumpang bus Transjakarta demi mencegah meluasnya penularan Covid-19 di Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraba 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekitar 90 warga negara Taiwan telah memesan kursi pada penerbangan carter yang dijadwalkan akan membawa mereka pulang pada 28 Juli 2021.

Dilansir CNA, Rabu (14/7/2021), diketahui mereka terdiri pebisnis Taiwan dan ekspatriat Taiwan di Indonesia yang memutuskan untuk kembali ke negaranya seiring memburuknya krisis Covid-19 di RI.

Kuo Chang-hsin, kepala pusat layanan yang didirikan oleh Indonesia Taiwan Chambers of Commerce (ITCC) berujar sebuah agen perjalanan berencana untuk mencarter penerbangan Batik Air Indonesia.

Mereka akan mengangkut pelanggan dari Taiwan kembali ke Taiwan setelah jumlah penumpang yang memesan layanan telah mencapai 100.

Baca juga: Wakil Ketua DPR: Vaksinasi Covid-19 Harus Diikuti Kedisiplinan Masyarakat Terapkan Prokes

CNA menulis wabah COVID-19 terus mengamuk di Indonesia.

Dimana disebutkan Indonesia mencatat 300.000 kasus baru yang dikonfirmasi dan 180.000 kasus yang dicurigai selama delapan hari terakhir.

Sementara itu, sekitar 407.000 orang dirawat karena penyakit ini atau diisolasi.

Dengan kekurangan sumber daya medis, Indonesia telah melaporkan sekitar 68.000 kematian akibat penyakit tersebut sejak pandemi melanda tahun lalu.

“Mempertimbangkan situasi di Indonesia, kamar dagang Taiwan di Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Surabaya Jawa Timur semuanya menyarankan anggota senior mereka kembali ke Taiwan,” kata Kuo.

Kuo berujar bahwa ketua ITCC Wang An-tso dan mantan Ketua Ko Sheng-sheng, yang saat ini berada di Taiwan, telah membantu berkoordinasi dengan agen perjalanan untuk mengatur penerbangan charter dimaksud.

Menurut pusat layanan respon Covid-19 ITCC, sejak tanggal 6-12 Juli, 72 orang Taiwan di Indonesia dipastikan mengidap penyakit tersebut, dan 10 diantaranya telah pulih, sementara empat telah meninggal,

Jumlah orang Taiwan yang meninggal akibat COVID-19 di Indonesia sedikitnya delapan orang jika kematian yang dilaporkan sebelumnya ditambah.

Chen Chung, Kepala Kantor Perwakilan Taiwan di Jakarta, mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan untuk mengevakuasi warga negara Taiwan dari Indonesia jika negara lain menilai perlu.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu pada hari Selasa mengumumkan bahwa pemerintah Jepang akan membantu warga negaranya di Indonesia kembali ke Jepang melalui penerbangan khusus pada hari Rabu, menurut laporan Fuji News Network.

Hingga Senin, 14 warga negara Jepang meninggal dunia akibat wabah COVID-19 di Indonesia.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas