Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawab Embargo AS, Iran Buka Pelabuhan Minyak Terbaru di Teluk Oman

Iran memproduksi 2,47 barel per hari pada Juni, menurut angka terbaru yang tersedia dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Jawab Embargo AS, Iran Buka Pelabuhan Minyak Terbaru di Teluk Oman
Atta Kenare/AFP
Tentara Iran mengambil bagian dalam "Hari Teluk Persia Nasional" di Selat Hormuz, pada 30 April 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN – Iran meresmikan beroperasinya terminal baru ekspor minyak di dekat pelabuhan Jask di Teluk Oman.

Lokasi ini tepat di sisi selatan Selat Hormuz, memungkinkan kapal tanker menuju ke Laut Arab dan sekitarnya untuk menghindari rute sempit Selat Hormuz.

Terminal ekspor minyak utama Iran terletak di pelabuhan Kharg di dalam Selat Hormuz, jalur air kurang dari 40 kilometer (25 mil) di titik tersempitnya.

“Kami memiliki terminal dan jika ada masalah, ekspor minyak kami akan terputus,” kata Presiden Hassan Rouhani yang akan segera lengser.

“Hari ini adalah hari bersejarah yang besar bagi bangsa Iran,” kata Rouhani lewat forum virtual peresmian pelabuhan ekspor minyak Iran itu, Kamis (22/7/2021) waktu Teheran.

Baca juga: AS Pertimbangkan Sanksi Baru Terhadap Penjualan Minyak Iran ke China

Baca juga: Kalah Pilpres, Donald Trump Nyaris Seret Militer AS Perangi Republik Islam Iran

Baca juga: 33 Situs Berita Iran Diblokir Amerika Serikat, Dituding Sebarkan Informasi yang Menyesatkan

“Hari ini, pengiriman pertama 100 ton minyak dimuat di luar Selat Hormuz. Ini menunjukkan kegagalan sanksi AS,” kata Rouhani.

Rouhani mengatakan Iran bertujuan untuk mengekspor satu juta barel per hari (bph) minyak dari fasilitas baru itu. Saat ini, proyek tersebut memungkinkan 350.000 barel untuk diekspor per hari.

BERITA TERKAIT

Iran memproduksi 2,47 barel per hari pada Juni, menurut angka terbaru yang tersedia dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Iran juga telah membangun pipa sepanjang 1.000 km (600 mil) untuk membawa minyak mentahnya ke terminal baru di tenggara dari Goreh di Provinsi Bushehr.

Rouhani memperkirakan nilai proyek baru senilai $2 miliar yang, menurut media Iran, telah berlangsung selama sekitar dua tahun.

Lokasi terminal baru juga akan menyelamatkan kapal tanker yang menuju ke laut lepas dengan waktu berlayar beberapa hari.

Iran sering mengancam akan memblokir Selat Hormuz jika ekspor minyak mentahnya ditutup oleh kebijakan blokade ala Washington sejak tiga tahun lalu.

Kebijakan itu diambil Presiden Donald Trump yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir penting yang ditandatangani antara Iran dan kekuatan dunia pada 2015.

Mengingat sanksi AS, Iran berhati-hati tentang pengiriman minyak mentahnya ke beberapa pelanggan yang masih berani membelinya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas