Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

China Vs Amerika

Tanggapi Amerika Serikat, Menlu Wang Yi: China Harus Ajari AS Cara Perlakukan Setara Negara Lain

Sehari sebelum bertemu Wakil Menlu AS, Menlu China Wang Yi mengatakan China perlu mengajar Amerika Serikat cara memberlakukan setara negara lain

Tanggapi Amerika Serikat, Menlu Wang Yi: China Harus Ajari AS Cara Perlakukan Setara Negara Lain
tst
Wang Yi

TRIBUNNEWS.COM, CHENGDU - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan China dan masyarakat internasional memiliki kewajiban untuk membantu Amerika Serikat belajar memperlakukan negara lain secara setara.

Wang Li mengungkapkan hal ini kepada Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi, dalam dialog strategis ketiga antara China dan Pakistan, Sabtu (24/7).

Wang mengatakan, Amerika Serikat selalu ingin menggunakan kekuatannya untuk menekan negara lain dan menganggapnya lebih unggul.

“Namun, tidak pernah ada negara yang lebih unggul dari yang lain di dunia, dan China tidak akan menerima klaim seperti itu oleh negara mana pun,” kata Wang, seperti dilansir dari Xinhua.

Pernyataan Wang Li ini sebagai tanggapan atas komentar juru bicara Departemen Luar Negeri AS yang dibuat sebelum kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman ke China bahwa Amerika Serikat akan berurusan dengan China dari "posisi yang kuat."

Baca juga: Balas Sanksi Amerika Serikat, Pertama Kalinya China Berlakukan Sanksi pada Pejabat AS

Baca juga: Analisis Ahli, Lewat Menlu Wang Yi, Cina Pertegas Dukungan untuk Bashar Assad

Pertanyaan tersirat ini juga dikeluarkan sehari sebelum Wang Li akan bertemu dengan Wakil Menlu AS Wendy Sherman Minggu (25/7).

Wendy Sherman akan menjadi diplomat senior pertama dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden yang mengunjungi China sejak ia menjabat.

Sherman, yang sekarang sedang melakukan tur Asia, dijadwalkan melakukan kunjungan dua hari ke kota Tianjin di China mulai Minggu dan mengadakan pembicaraan dengan Wang dan Xie Feng, wakil menteri yang bertanggung jawab atas hubungan China-AS.

Meluas ke Konflik

Sementara pejabat senior AS Sabtu kemarin mengatakan, Sherman akan menjelaskan kepada China bahwa Washington menyambut baik persaingan dengan Beijing.

Halaman
123
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas