Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Persenjataan Perang Taliban Semakin Modern

Dibangun dan dilatih dengan biaya dua dekade sebesar $83 miliar atau sekitar Rp 1.194 triliun pasukan keamanan Afghanistan runtuh begitu cepat

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Persenjataan Perang Taliban Semakin Modern
AFP/WAKIL KOHSAR
Seorang pejuang Taliban menggunakan senapan mesin di atas kendaraan saat mereka berpatroli di sepanjang jalan di Kabul, afghanistan, Senin (16/8/2021), setelah berakhirnya perang 20 tahun Afghanistan dengan cepat, ketika ribuan orang mengerumuni bandara kota yang mencoba melarikan diri dari serangan kelompok garis keras di Afghanistan. (Foto oleh Wakil Kohsar / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Kelompok Taliban Afghanistan mendapat 'durian runtuh' seusai menguasai kembali Afghanistan.

Pemerintah Amerika Serikat telah menggelontorkan miliaran dolar AS atau seribu triliun lebih, saat ini menjadi milik Taliban.

Dibangun dan dilatih dengan biaya dua dekade sebesar $83 miliar atau sekitar Rp 1.194 triliun pasukan keamanan Afghanistan runtuh begitu cepat.

Bahkan, dalam beberapa kasus tanpa tembakan, penerima manfaat utama dari investasi Amerika ternyata adalah Taliban, seperti dilansir AP, Rabu (18/8/2021).

Mereka tidak hanya merebut kekuatan politik tetapi juga senjata yang dipasok AS, seperti senjata, amunisi, helikopter, dan banyak lagi.

Baca juga: KSP: Pelibatan Peran Militer Dalam Merespons Covid-19 Sudah Tepat

Taliban merebut berbagai peralatan militer modern ketika mereka menyerbu pasukan Afghanistan yang gagal mempertahankan pusat-pusat distrik.

Keuntungan yang lebih besar menyusul, termasuk pesawat tempur, ketika Taliban menggulung ibu kota provinsi dan pangkalan militer dengan kecepatan yang menakjubkan.

BERITA TERKAIT

Dengan merebut hadiah terbesar, Kabul, selama akhir pekan ini.

Seorang pejabat pertahanan AS mengkonfirmasi akumulasi tiba-tiba Taliban dari peralatan Afghanistan yang dipasok AS sangat besar.

Pejabat itu tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka dan berbicara dengan syarat anonim.

Baca juga: Norwegia Pasrah Alutsista Mereka Akan Jatuh ke Tangan Taliban

Pembalikan ini merupakan konsekuensi memalukan dari salah menilai kelangsungan hidup pasukan pemerintah Afghanistan oleh militer AS serta badan-badan intelijen.

Dalam beberapa kasus memilih untuk menyerahkan kendaraan dan senjata mereka daripada berperang.

Kegagalan AS untuk menghasilkan pasukan tentara dan polisi Afghanistan yang berkelanjutan, dan alasan keruntuhan mereka, akan dipelajari selama bertahun-tahun oleh para analis militer.

Namun, dimensi dasarnya jelas dan tidak berbeda dengan apa yang terjadi di Irak.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas