Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua IPC Andrew Parsons Bangga 162 NPC Berpartisipasi dalam Paralimpiade Tokyo Jepang

Angka ini melebihi Paralimpiade Rio 2016 dalam hal jumlah National Paralympic Committee (NPC) yang akan ambil bagian dalam Paralympic Games.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Ketua IPC Andrew Parsons Bangga 162 NPC Berpartisipasi dalam Paralimpiade Tokyo Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Andrew Parsons, Ketua IPC (Komite Paralimpiade Internasional). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Andrew Parsons, Ketua Komite Paralimpiade Internasional (IPC) merasa bangga karena jumlah partisipasi Paralimpiade sudah tercatat 162 delegasi National Paralympic Committee (NPC).

Angka ini melebihi Paralimpiade Rio 2016 dalam hal jumlah National Paralympic Committee (NPC) yang akan ambil bagian dalam Paralympic Games.

"Memiliki 162 NPC bersaing di Tokyo membuat saya sangat bangga. Selama 18 bulan terakhir adalah yang paling menantang bagi semua orang yang terlibat dalam Gerakan Paralimpiade," ungkap Andrew Parsons, Senin (23/8/2021).

"Kredit besar perlu diberikan kepada NPC untuk mempersiapkan atlet mereka. Ini merupakan tantangan yang epik dan melelahkan bagi semua orang yang terlibat, termasuk tim manajemen IPC, namun telah memberikan hasil yang sangat baik," ujarnya.

Sebanyak 162 delegasi, termasuk Tim Paralimpiade Pengungsi dan lima negara yang memulai debutnya di Olimpiade, akan bertanding di 22 cabang olahraga.

Baca juga: Thomas Bach Tiba di Tokyo Tanpa Karantina Selama 3 Hari, Besok Ikut Pembukaan Paralimpiade Jepang

Ada 21 negara yang tidak bisa bersaing.

BERITA TERKAIT

Paralimpiade Tokyo 2020 mengalahkan Rio 2016 dengan jumlah partisipan 159 NPC saja.

Namun Paralimpiade London 2012 mempertahankan gelar sebagai jumlah NP terbesar, dengan 164 orang ambil bagian.

Di Tokyo, selain penampilan kedua Tim Paralimpiade Pengungsi, lima NPC juga akan membuat debut Paralimpiade mereka menunjukkan napas yang berkembang dari Gerakan Paralimpiade.

"Dengan hanya satu hari sebelum pertandingan dimulai, kami sangat bersemangat dan menghargai dukungan semua orang yang telah membuat pertandingan yang luar biasa ini menjadi mungkin," tambahnya.

NPC yang baru bersaing di Tokyo 2020 ada lima NPC yaitu dari Bhutan, Grenada, Maladewa, Paraguay, dan St Vincent and the Grenadines.

Simbol Paralimpiade 2020 Tokyo dipasang terapung di Harumi Tokyo tanggal 20 Agustus 2021.
Simbol Paralimpiade 2020 Tokyo dipasang terapung di Harumi Tokyo tanggal 20 Agustus 2021. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Mereka akan bersaing untuk pertama kalinya dalam Paralympic Games di Tokyo 2020 dan semuanya adalah penerima dari Program Pengembangan NPC IPC.

Dari Bhutan: 2 atlet di atletik, kemudian NPC Grenada: 2 atlet, 1 atletik, 1 renang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas