Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Tingkat Vaksinasi Covid-19 Malaysia Mendekati 80%, PM Setujui Program Booster untuk Kelompok Rentan

Malaysia setujui program vaksinasi Covid-19 booster setelah 78,2 persen populasi di negara itu telah divaksinasi penuh

Tingkat Vaksinasi Covid-19 Malaysia Mendekati 80%, PM Setujui Program Booster untuk Kelompok Rentan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Vaksinator menyuntikan vaksin dosis ketiga atau booster vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan di RSUD Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). Malaysia setujui program vaksinasi Covid-19 booster setelah 78,2 persen populasi di negara itu telah divaksinasi penuh 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Malaysia menyetujui program vaksinasi Covid-19 booster untuk kelompok rentan, Malay Mail melaporkan.

Keputusan itu dilakukan setelah 78,2 persen populasi di negara itu telah divaksinasi penuh, ujar PM Ismail Sabri pada Minggu (19/9/2021).

Mereka yang diprioritaskan untuk suntikan booster yaitu tenaga medis, individu dengan gangguan sistem imun, lansia dengan komorbid atau mereka yang tinggal atau bekerja di fasilitas layanan kesehatan jangka panjang.

Ismail Sabri mengatakan panel ahli medis dan kesehatan saat ini sedang mengembangkan pedoman untuk penerapan dosis ketiga ini.

"Dalam upaya meningkatkan perlindungan kepada masyarakat yang rentan dari risiko penularan Covid-19, pemerintah juga menyepakati pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: PM Singapura Lee Hsien Loong Telah Terima Suntikan Vaksin Booster Covid-19

Baca juga: Apakah Dosis Booster Penting, Begini Pendapat Para Ahli

"Dosis ketiga ini dapat meningkatkan tingkat kekebalan individu yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19, yang dapat menurun dalam jangka waktu tertentu setelah dosis vaksin kedua."

(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 19 Agustus 2021, mantan wakil perdana menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob meninggalkan markas partai United Malays National Organization (UMNO) untuk bertemu dengan Raja Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah di Kuala Lumpur. - Politisi veteran Ismail Sabri Yakoob diangkat sebagai perdana menteri baru Malaysia pada 20 Agustus 2021 setelah pemerintah sebelumnya runtuh, kata istana nasional, dengan sebuah partai yang dilanda skandal merebut kembali kepemimpinan yang hilang dalam pemilihan pada 2018. (Arif KARTONO / AFP)
(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 19 Agustus 2021, mantan wakil perdana menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob meninggalkan markas partai United Malays National Organization (UMNO) untuk bertemu dengan Raja Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah di Kuala Lumpur. (Arif KARTONO / AFP)

PM mengatakan semua detail untuk suntikan booster Covid-19 tersebut akan diumumkan oleh Kementerian Kesehatan.

Selain Malaysia, negara tetangga Singapura juga sudah memulai program vaksinasi booster.

Singapura memulai program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster pada Selasa (14/9/2021), akibat kasus baru yang melonjak, Nikkei Asia melaporkan.

Warga Singapura yang berusia di atas 60 tahun atau mengalami kelainan imun, dapat membuat janji untuk vaksinasi dosis ketiga.

Halaman
1234
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Miftah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas