Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Petinju Manny Pacquiao Bersiap Calonkan Diri Sebagai Presiden Filipina pada 2022

Petinju Filipina yang kini berprofesi sebagai politisi, Manny Pacquiao mengumumkan pada hari Minggu kemarin bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai Pre

Petinju Manny Pacquiao Bersiap Calonkan Diri Sebagai Presiden Filipina pada 2022
TED ALJIBE / AFP
Dalam file foto ini diambil pada 22 Juni 2021, legenda tinju Filipina dan Senator Manny Pacquiao berlatih di gymnya di kota General Santos di pulau selatan Mindanao untuk pertarungannya yang akan datang melawan Errol Spence dari AS. Pacquiao mengatakan pada 11 Agustus 2021, "satu-satunya bahaya" dalam mengganti musuh untuk pertarungan gelar tinju kelas welter dunia minggu depan akan beralih dari musuh kidal ke lawan tangan kanan. Senator Filipina berusia 42 tahun itu mengenakan sarung tangannya pada 21 Agustus di Las Vegas untuk menghadapi petinju Kuba Yordenis Ugas setelah petinju Amerika Errol Spence Jr. dipaksa keluar dari pertarungan Selasa karena cedera mata kiri. 

TRIBUNNEWS, MANILA - Petinju Filipina yang kini berprofesi sebagai politisi, Manny Pacquiao mengumumkan pada hari Minggu kemarin bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pemilu 2022.

Kabar ini tentu mengakhiri spekulasi berbulan-bulan terkait 'apakah petinju legendaris itu akan menganggap serius profesi politiknya'. 

"Sekarang waktunya kami harus siap menghadapi tantangan kepemimpinan," kata Pacquiao.

Pernyataan itu ia sampaikan saat menerima kabar pencalonan dari faksi saingan di partai yang berkuasa dan menaungi Presiden Rodrigo Duterte.

"Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao dalam pidato yang disiarkan secara langsung.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (20/9/2021), juara dunia delapan divisi yang juga dianggap sebagai pahlawan nasional Filipina itu membuat pengumuman beberapa minggu setelah pertarungan profesional terakhirnya melawan Kuba Yordenis Ugas di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Petinju yang dijuluki Pacman itu sebelumnya memasuki dunia politik pada 2010 lalu sebagai anggota kongres, hingga akhinya terpilih menjadi anggota Senat.

Baca juga: Manny Pacquiao Calon Presiden Filipina: Kampanye Lawan Kemiskinan dan Korupsi, Begini Isi Pidatonya

Ia pun telah lama diperkirakan akan menduduki jabatan tertinggi di Filipina.

Petinju berusia 42 tahun ini memang sangat dikagumi di negara kepulauan tersebut karena kemurahan hatinya.

Manny Pacquiao terlihat sedang membaca dokumen ketika menjabat sebagai senator.
Manny Pacquiao terlihat sedang membaca dokumen ketika menjabat sebagai senator. (usnews.com)

Selain itu, Pacquiao juga berhasil mengangkat dirinya 'keluar dari kemiskinan' untuk menjadi salah satu petinju terbesar dan terkaya di dunia.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas