Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ide Singapura di Sidang Umum PBB: Bantu Negara Kecil Lewat 'Digitalisasi dan Pemulihan Covid-19'

Singapura membuat program yang fokus pada kepemimpinan dan tata kelola, strategi dan kerangka kerja pembuatan kebijakan dalam penanganan covid-19.

Ide Singapura di Sidang Umum PBB: Bantu Negara Kecil Lewat 'Digitalisasi dan Pemulihan Covid-19'
Freepik
herd immunity mungkin tidak akan bisa tercapai karena antibodi dalam beberapa pasien Covid-19 yang sudah sembuh hanya bertahan selama beberapa minggu 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan bahwa negaranya akan menjalankan program 'transformasi digital dan pemulihan Covid-19' pada 2022 hingga 2023 untuk membantu negara-negara kecil.

Pernyataan itu disampaikannya kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) di New York, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu kemarin saat membahas mengenai strategi penanganan virus corona (Covid-19).

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (26/9/2021), program yang berada di bawah inisiatif yang disebut 'FOSS for Good' itu nantinya akan mencakup sejumlah tema meliputi transformasi digital, ekonomi digital, dan negara-negara cerdas.

Baca juga: Ahli Sebut Kebijakan Singapura Efektif Mengatasi Lonjakan Kasus Covid-19

Isu-isu seperti kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi dan transformasi pendidikan pun dapat dimasukkan.

Perlu diketahui, FOSS mengacu pada Forum Negara-Negara Kecil yang didirikan Singapura pada 1992 lalu sebagai platform informal bagi negara-negara kecil untuk membahas masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama.

Forum tersebut saat ini memiliki 108 anggota di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Balakrishnan memang tengah berada di AS untuk menyampaikan pernyataan Singapura di UNGA, sebelum menuju ke Washington DC hingga Rabu mendatang untuk melakukan kunjungan kerjanya, di mana ia akan bertemu dengan pejabat senior dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan anggota Kongres.

Melalui FOSS for Good, pejabat dari anggota FOSS dapat mengambil bagian dalam program eksekutif atau khusus untuk bertukar pengalaman, praktik terbaik, serta solusi untuk mengatasi tantangan bersama.

Program eksekutif yang ditargetkan untuk dilakukan pejabat senior ini, akan fokus pada kepemimpinan dan tata kelola, strategi dan kerangka kerja pembuatan kebijakan, serta bidang kebijakan interdisipliner lainnya.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas