Tribun
Deutsche Welle

Setengah Juta Siswa Ujian "Suneung”, Korea Selatan Mendadak Hening

Korea Selatan menjadi hening ketika 509.000 siswa mengikuti ujian masuk universitas nasional pada Kamis (18/11). Tindakan luar biasa…

Ujian yang dilaksanakan sembilan jam di Korea Selatan dikenal dengan nama "Suneung”, yang merupakan tes wajib untuk masuk universitas terkemuka dan dijadikan sebagai kunci untuk meningkatan status sosial, karier yang menguntungkan, dan bahkan prospek pernikahan.

Banyak pihak menganggap sistem pendidikan yang ulta-kompetitif Korea Selatan dituding sebagai penyebab tekanan besar pada siswa dan menjadi pemicu depresi remaja, dengan tingkat bunuh tinggi yang termasuk tinggi di dunia.

Salah satu orang tua peserta tes ujian, Koh Min-soon, kepada AFP mengungkapkan hal yang dia lakukan untuk meredakan stress menjelang ujian 2021.

"Saya hanya ingin memberi tahu putri saya bahwa saya bangga padanya karena telah bekerja sangat keras hingga saat ini, terlepas dari hasilnya, tidak menentukan siapa dia sebagai pribadi,” jelasnya pada hari Rabu (17/11).

Sejak tahun lalu, COVID-19 telah menambah tekanan pada siswa, orang tua, dan otoritas pendidikan.

Semua kelas dilakukan secara online untuk siswa dalam dua minggu menjelang ujian. Sementara siswa dan keluarga mereka disarankan untuk tinggal di rumah selama mungkin.

Kementerian Pendidikan Korsel menyebut ada lebih dari 509.000 siswa mengikuti les tahun ini. Selama penyelenggaraan ujian yang dimulai pada Kamis (18/11) pagi waktu setempat, siswa diwajibkan memakai masker.

Ujian di tengah lonjakan kasus COVID-19

Di Sekolah Menengah Bahasa Asing Ewha Girls di pusat kota Seoul, beberapa peserta ujian tiba sambil berpegangan tangan dengan orang tua mereka yang terlihat gugup.

Di luar gerbang sekolah, beberapa orang terlihat sedang berdoa, sementara yang lain berfoto selfie dengan teman dan keluarga.

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas